Konsep Non Diet, Badan Sehat Tidak Perlu Langsing

Kesehatan

Konsep Non Diet, Badan Sehat Tidak Perlu Langsing

Setelah melewati serangkaian acara akhir dan awal tahun 2019-2020 mungkin Anda yang sangat peduli terhadap berat badan akan langsung menjadwalkan program diet ketat untuk mengisi mengembalikan rutinitas diet yang mungkin terlewat ketika liburan akhir tahun kemarin. Diet bagi sebagian orang itu merupakan bentuk usaha untuk memperbaiki bentuk tubuh yang ideal sekaligus menjadi resolusi di tahun yang baru.

Memasuki tahun baru akan ada banyak penemuan program-program diet baru yang akan muncul. Melansir dari International Food Council Information Foundation, besarnya antusias masyarakat atau individu yang peduli terhadap berat badan dan kesehatan menjadi salah satu alasan perkembangan program diet di dunia.

[Baca Juga: Dengan Diet Sirtfood, Berat Badan Adele Turun Hingga 22 Kg]

Jika diperhatikan, program diet cenderung erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Saat ini banyak sekali program yang dipopulerkan media atau influencer untuk menyampaikan betapa pentingnya diet untuk kesehatan serta kebugaran tubuh. Pernyataan mereka tidak diamini oleh HAES (Health At Every Size) yang memberikan penjelasan bahwa kebugaran atau kesehatan seseorang tidak dapat diukur dari bentuk atau besar tubuhnya, melainkan gaya hidupnya.

Cara Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Apakah Kita Bisa Sehat Tanpa Diet?

Ketika mendengar kata diet mungkin kita akan langsung mengarah pada masalah berat badan. Hal itu memang dibenarkan karena pada dasarnya program diet merupakan sebuah program gaya hidup yang bertujuan untuk menurunkan berat badan seseorang. Meski demikian, doktrin bahwa diet merupakan program sehat terdengar kurang pas. Menurut International Food Information Council pada HAES, bentuk tubuh seseorang tidak menjadi patokan seberapa sehat atau bugar diri seseorang. Pada awal 2020 ini, HAES kembali menegaskan konsep The Non Diet sebagai konsep gaya hidup sehat tanpa terpengaruh oleh embel-embel pengkultusan Diet Is Healthy.

[Baca Juga: Pengganti Diet, Ini Cara Turunkan Berat Badan untuk Resolusi Tahun Baru]

HAES menyatakan, manusia bisa mendapatkan kebugaran serta tubuh yang sehat tanpa harus memiliki tubuh yang langsing dan berotot seperti model majalah fitnes. Karena, pada dasarnya kesehatan dan kebugaran seseorang sangat dipengaruhi oleh gaya atau pola hidupnya. Contoh, jika ada seseorang memiliki genetik tubuh yang tidak ideal tapi memiliki gaya hidup yang teratur, mulai dari mengkonsumsi makanan yang bersih, hidup di lingkungan yang sehat hingga pola istirahat yang tepat, kemungkinan besar orang tersebut akan memiliki kesehatan tubuh yang baik.

Meski demikian, namun konsep The Non Diet juga erat dengan permasalahan berat badan. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki patokan angka yang merupakan batas berat badan terbaik seseorang untuk melakukan segala sesuatunya secara maksimal. Maka dari itu, ada beberapa gagasan seperti tubuh terlalu kurus tidak lah baik begitu pun sebaliknya, memiliki tubuh obesitas sangat tidak disarankan.

Pengganti Diet, Ini Cara Turunkan Berat Badan untuk Resolusi Tahun Baru

Jadi Perlukah Diet ?

Program diet masih sangat relevan dengan Anda yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Dengan catatan, ideal di sini sesuai dengan kehendak Anda. Namun, bukan berarti diet tidak bisa relevan dengan kesehatan. Saat ini sudah banyak program diet yang mengadopsi konsep hidup sehat dan tidak menyiksa. Meski demikian, paradigma diet yang mengagungkan bentuk tubuh ideal yang langsing sebagai acuan kesehatan seseorang masih belum bisa dibenarkan.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.