Konsep Smart City dapat Penuhi Kebutuhan Warga

Berita Kawasan

Konsep Smart City dapat Penuhi Kebutuhan Warga

Dalam mewujudkan kota pintar atau smart city, diperlukan beberapa aspek berikut: smart people, smart living, smart environment, smart economy, dan smart governance. Menurut Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany, kelima aspek tersebut harus terintegrasi satu dengan yang lainnya dengan baik, melalui sistem Informasi dan Teknologi (IT).

Konsep Smart City dapat Penuhi Kebutuhan Warga

Airin juga mengungkapkan, bahwa inti dalam mewujudkan kota pintar terletak pada teknologi informasi komunikasi yang akan mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat. Terkait persoalan IT, pihaknya memberikan pelayanan terbaik, baik kebutuhan dasar dan lainnya. “Semoga kota-kota yang menerapkan sistem smart city dapat bertambah pada tahun ini,” ungkapnya saat menghadiri kegiatan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yang berlangsung di Istana Wakil Presiden pada 12 Juli 2019, Jakarta Pusat.

Sebagaimana dilansir tangerangselatankota.go.id (15/07/2019). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menekankan pentingnya kepala daerah yang cerdas agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada warganya. Ia menegaskan, jika kebutuhan warga bisa terpenuhi secara baik, maka daerah atau kota tersebut bisa dianggap sukses dalam menjalankan pembangunan.

[Baca Juga: Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR]

"Itulah yang kami sebut nanti sebagai kota cerdas. Yang penting wali kota cerdas, semuanya tergantung kecerdasan wali kota dan bupati," kata JK di acara Rating Kota Cerdas Indonesia yang berlangsung di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Jusuf Kalla mengatakan, dalam membangun suatu kota, teknologi memiliki peranan penting untuk mempercepat layanan tersebut. "Peralatan teknologi bisa dibeli tetapi tidak semua bisa pakai, hanya wali kota cerdas dan bupati cerdas yang bisa mempergunakan teknologi dengan kecerdasan dan kemauannya," ucapnya.

[Baca Juga: Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat]

Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dan Guru Besar ITB Prof Suhono Harso Supangkat telah melaporkan rencana tersebut kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, baru-baru ini.

Dijelaskannya, smart city tidak identik kota plus teknologi, aspek budaya mengenali persoalan dasar kota menjadi sangat penting. Tata kelola cerdas juga penting termasuk penegakan hukum bagi yang melanggar, seperti parkir, pedagang kaki lima, dan pembuangan sampah.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.


Comments


Please Login to leave a comment.