Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

Saat ini layanan telemedicine atau mendapatkan layanan kesehatan via gawai sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Tanah Air di tengah pandemi COVID-19. Karena melalui apps, Anda sudah bisa mengkonsultasikan kesehatan hingga membeli obat yang dibutuhkan tanpa perlu keluar dari rumah. Namun mayoritas pasien dengan penyakit kronis disinyalir tetap harus datang ke rumah sakit untuk berobat ke dokter spesialis. Hal inilah yang diupayakan ditangani AlteaCare melalui layanan mereka yang disebut sebagai gerbang rumah sakit untuk layani pasiennya secara daring.

Chief Executive Officer atau CEO AlteaCare Mikaela Oen menuturkan, kehadiran layanan AlteaCare tidak terlepas dengan pandangan pihaknya yang melihat saat ini walau sudah banyak layanan telemedicine di Tanah Air tapi sayangnya belum dapat melayani sejumlah segmen pasien secara optimal, terutama pasien kronis. Inilah yang memicu AlteaCare menghadirkan aplikasi kesehatan guna melayani pasien kronis beserta kebutuhan mereka yang sangat beragam. Selain itu, AlteaCare juga berfokus untuk benar-benar dapat membangun hubungan kepercayaan antara pasien dengan dokter melalui komunikasi terbuka sehingga layanan konsultasi yang diberikan via apps-nya dalam bentuk video call. Dengan ini pasien bisa menyampaikan semua keluhan penyakitnya secara langsung bukan hanya via chat semata sekaligus mempermudah dokter untuk memberikan diagnosanya.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan.jpg

“Melalui catatan medis di AlteaCare, dokter juga dilengkapi dengan informasi riwayat medis pasien dan dengan demikian bisa mengambil keputusan klinis yang tepat bagi setiap pasien. Kami sangat bangga diberikan kepercayaan oleh RS Mitra Keluarga sebagai mitra rumah sakit pertama dan dalam waktu dekat akan disusul dengan bergabungnya Rumah Sakit Kasih sebagai mitra kedua kami,” ujar Mikaela dalam acara Virtual Press Launch AlteaCare via Zoom (21/9/2021).

Seperti yang diungkapkan CEO AlteaCare di atas, layanan telemedicine ini telah menggandeng RS Mitra Keluarga sehingga memungkinkan bagi pasien di wilayah mana saja di Indonesia mendapatkan layanan kesehatan dari dokter spesialis di rumah sakit tersebut tanpa keluar dari rumah. Selain itu apps dari layanan kesehata ini juga menyediakan layanan pembelian obat, registrasi vaksin (khususnya COVID-19) di rumah sakit yang menjadi mitranya, pemesanan layanan laboratorium, hingga tes diagnosa. Dari sisi pembayaran, AlteaCare disebut memiliki virtual account, akun GoPay, serta kartu kredit sehingga memudah prosesnya dan dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan asuransi. Pihak AlteaCare juga menyediakan Patient Relation Officer yang akan membantu pasien untuk penjadwalan pemeriksaan penunjang, pembelian obat, membuatkan janji telekonsultasi lanjutan, membuatkan jadwal lab serta radiologi jika dibutuhkan, sampai memberikan ringkasan dari catatan medis.

[Baca Juga: Relawan Dokter di Sumut Dampingi Warga Lewat Layanan Telemedicine]

Dari sisi Kementerian Kesehatan sendiri sangat mendorong munculnya kehadiran telemedicine yang semakin memudahkan masyarakat beradaptasi di tengah pandemi COVID-19 untuk berobat. Oleh karena itulah berdasarkan keterangan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante S. Harbuwono, pihaknya tengah berupaya melakukan transformasi digital dalam pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan menggandeng penyedia layanan telemedicine seperti AlteaCare sebagai mitra strategis.

“Kami sangat mengapresiasi langkah AlteaCare dengan meluncurkan aplikasi kesehatan yang berintegrasi dengan pelayanan rumah sakit dengan pasien secara virtual. Ini adalah salah satu bentuk nyata atas upaya keterlibatan AlteaCare sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan mengintegrasikan layanan rumah sakit dan mempertemukan medical specialist dari rumah sakit dengan pasien secara virtual,” tambahnya.


Read More

AlteaCare

Konsultan Kesehatan Daring

None
None

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.