5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi

Kesehatan

Konsumsi 5 Produk Ini untuk Cegah Stunting dan Anemia

Berbagai macam olahan makanan saat ini mudah ditemui. Namun belum tentu semua olahan makanan itu memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi. Terlebih saat ini banyak olahan makanan yang hanya mementingkan rasa tanpa mempedulikan kandungan nutrisi di dalamnya. Untuk itu, pada tahun ini organisasi internasional Global Alliance for Improved Nutrition bersama Inovation Factory kembail menggelar kompetisi I-PLAN Food Design Challenge. Kompetisi digelar untuk mencari produsen makanan yang mampu berinovasi melahirkan makanan yang lezat dan juga bergizi tinggi.

[Baca Juga: Cegah Stunting, Organisasi Ini Gelar Kompetisi Inovasi Makanan]

Dalam kompetisi yang dimulai sejak bulan Oktober lalu, telah terpilih lima pemenang yang nantinya akan mendapatkan dana pengembangan masing-masing senilai Rp 200 juta serta kesempatan untuk mengembangkan produk melalui mentoring secara eksklusif dari Temasek Polytechnic College Singapore dan pendistribusian produk pada gerai-gerai ternama di Indonesia. Lalu produk apakah yang dihasilkan oleh kelima pemenang tersebut?

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi Biskuit Ikan Gabus Kelor

1) Biskuit Ikan Gabus Kelor – Sriata Group

Siapa sangka Ikan Gabus yang dikombinasikan dengan daun kelor bisa diolah menjadi sebuah biskuit. Yak, itulah yang dilakukan oleh pada ahli gizi yang menamai kelompoknya Sriata Group. Dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal, mereka membuat biskuit dari bahan dasar ikan gabus, kelor dan tempe yang mudah ditemukan di Indonesia. Dijual dengan harga Rp10.000 untuk 40 gram dan Rp20.000 untuk isi 125 gram, Biskuit Ikan Gabus Kelor ini menyasar para balita dan juga ibu hamil dan remaja yang sering menderita anemia.

Biskuit Ikan Gabus Kelor ini pun telah melakukan berbagai percobaan, salah satunya dipakai oleh para ahli gizi untuk meningkatkan status gizi anak dan juga id beberapa rumah sakit sebagai pendamping makanan. Terbukti pasien anak yang sebelumnya memiliki gizi buruk perlahan nafsu makannya meningkat setelah diberi Biskuit Ikan Gabus Kelor.

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi I-Fit Serealikan

2) I-Fit Serealikan – Duo Mitra Raya

Duo Mitra Raya adalah sebuah Usaha Kecil Menengah asal Sukabumi Jawa Barat yang dibangun oleh ibu dan anak bernama Imelda dan Rani Meldiyani. Berdiri sejak tahun 2012, UKM ini fokus untuk memproduksi makanan ringan sehat yang berbahan dasar sayuran dan ikan. Salah satu produknya yang menang dalam kompetisi I-PLAN Food Design Challenge adalah I-Fit Serealikan yang merupakan minuman serealia berbahan dasar ikan pangasius dan juga kombinasi dari oats dan susu. Imelda mengaku, alasannya memilih ikan pangasius sebagai bahan dasaranya dikarenakan ikan tersebut memiliki omega tiga yang sangat tinggi serta budidaya yang tidak terlalu sulit. Cara penyajiannya hanya tinggal diseduh dengan air panas dan kemudian langsung diminum. Produk ini pun dijual dengan harga yang terjangkau yakni Rp3.500 per bungkusnya.

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi Hokky Mie

3) Hokky Mie – Agung Nuri Wijaya

Siapa sih yang tidak suka dengan mi? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai makanan mi. Hal itu yang membuat Kikis Rochana Handayani dari Gresik ini memproduksi mi sebagai produknya. Bukan mi biasa, namun Hokky Mie yang diproduksi Kikis ini dibuat menggunakan ikan bandeng sebagai bahan dasarnya. Bandeng sendiri diketahui memiliki protein yang tinggi serta kaya omega tiga, zat besi dan kalsium yang cocok untuk mencegah stunting dan anemia. Produk yang dijual dengan harga Rp 12000 per bungkusnya ini pun telah melanglang buana hinga ke Cekoslavia. “Bahwa mi saya ini sudah dibawa ke Ceko dalam rangka lomba makanan sehat,” tutur Kikis.

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi Purulla

4) Purula – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Purula merupakan Abon Tabur pendamping makanan seperti nasi, mi, roti yang mampu meningkatkan asupan zat besi, untuk menangani anemia gizi besi dan mampu mencegah potensi lahirnya bayi kerdil stunting. Di dalam Purula sendiri terkandung Hidrolisat kedelai (biopeptida) yang berfungsi meningkatkan penyerapan Zat Besi dalam darah. Zat Besi, Asam Folat dan Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, serta rumput laut yang kaya akan cita rasa, serat pangan dan mineral. Saat ini Purula tersedia dalam tujuh varian rasa yakni rasa Original, Beef BBQ, Corn, Spicy, Salmon, Garlic, dan Cheese.

5 Produk Ini Bisa Cegah Stunting dan Anemia Jika Dikonsumsi Uni Urchin

5) Uni Urchin – CV Tria Asteria Tirta Buana

Landak Laut ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Hal itu dikarenakan binatang yang mendiami dasar laut itu memiliki zat besi yang tinggi. Hal itu yang coba dimanfaatkan CV Tria Asteria Tirta Buana untuk membuat sebuah produk yang menyehatkan. Dengan mengambil ekstrak dari Landak Laut, mereka akhirnya membuat produk yang diberi nama Uni Urchin. Produk mereka pun menjadi hidangan khas berbagai tempat wisata di wilayah pesisir Indonesia Timur.

[Baca Juga: 5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bisa Bantu Atasi Stunting]

Lima pemenang tersebut telah memenuhi kriteria yang ditetapkan para juri, di antaranya: bergizi tinggi dan memiliki rasa yang lezat, harganya terjangkau, memiliki kemasan yang menarik serta bahan bakunya harus terdiri dari ikan, udang, cumi, kepiting, kekerangan, rumput laut dan bola laut lain yang berasal dari perairan lokal. Selain itu, beberapa produk makanan yang dihasilkan pun harus produk siap makan atau ready to eat dan siap masak atau ready to cook.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.