Konsumsi Bubble Tea Berlebihan Bisa Sebabkan Jerawat

Kecantikan dan Fashion

Konsumsi Bubble Tea Berlebihan Bisa Sebabkan Jerawat?

Minuman bubble tea akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan anak muda Jakarta. Tidak hanya satu dua, puluhan gerai bubble tea pun menjamur di Ibu Kota. Bahkan di beberapa tempat yang menjualnya, antreannya bisa sangat panjang. Hal itu tidak lain karena rasanya yang enak dan juga menyegarkan. Ditambah topping boba alias bola tapioka yang kenyal menambah kenikmatan tersendiri ketika meminum bubble tea.

[Baca Juga: Konsumsi Secara Wajar Bubble Tea Dapat Bermanfaat Bagi Tubuh]

Seperti yang kita tahu, teh sebagai bahan dasar untuk membuat bubble tea ini memiliki banyak khasiat diantaranya vitamin B2, C, dan E yang dapat melawan radikal bebas dan juga kafein yang mampu mencegah infeksi kulit dan jerawat.

Namun, jika diracik menjadi bubble tea, khasiat baik yang ada pada teh menjadi tidak maksimal. Hal itu karena tercampurnya teh dengan bahan-bahan lainnya, seperti susu dan gula. Selain itu, konon minuman yang berasal dari Taiwan ini bisa menyebabkan jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa yang menyebabkan bubble tea tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan?

Konsumsi Bubble Tea Berlebihan Bisa Sebabkan Jerawat

1) Gula

Selain menyebabkan diabetes, Gula juga bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit jika dikonsumsi scara berlebihan. Gula sendiri bisa dengan cepat menaikkan kadar gula darah. Jika terjadi hal seperti itu, maka kadar insulin dalam tubuh juga ikut meningkat dan menyebabkan peningkatan hormon androgen. Hal itu bisa membuat kulit wajah berminyak dan rentan terhadap jerawat.

Belum lama ini, Rumah sakit Mount Alvernia di Singapura mengungkapkan, segelas brown sugar bubble tea mengandung hingga 18.5 sendok gula. Itu melebihi anjuran konsumsi gula harian yang hanya 6-9 sendok teh gula per hari.

2) Susu

Dilansir dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, susu yang dikenal memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang ternyata juga bisa menyebabkan jerawat. Hal itu pernah dibuktikan dalam sebuah riset yang dipresentasikan di European Academy of Dermatology and Venereology Congress di Madrid beberapa waktu yang lalu. Dalam riset yang dilakukan pada lebih dari 6.700 peserta di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa itu diketahui bahwa orang yang berjerawat lebih sering mengonsumsi produk susu. Penyebabnya adalah protein dalam susu yang bila dikonsumsi berlebihan bisa berdampak pada genetik kulit yang berujung inflamasi atau mempengaruhi produksi minyak yang bisa menimbulkan jerawat.

3) Boba

Boba yang terbuat dari tepung tapioka ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun minim nutrisi. Cara pembuatannya pun biasanya direbus bersama air gula. Hal itu yang membuat kandungan gula pada boba menjadi tinggi. Kandungan gula yang tinggi ini juga bisa menghasilkan lonjakan insulin yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

[Baca Juga: 5 Gerai Bubble Tea yang Antreannya Paling Ramai di Boba Festival]

Lalu bagaimana caranya agar tetap aman mengonsumi Bubble Tea? Pastikan kalian tidak mengonsumsinya setiap hari. Selain itu, kurangi juga penggunaan gula dan juga boba agar kalori yang masuk tidak berlebihan. Jika mau, kalian juga bisa mengganti gulanya dengan gula rendah kalori yang banyak di jual di pusat perbelanjaan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.