Kontroversi Thermo Gun, Sebenarnya Cek Suhu Paling Akurat di Mana

Kesehatan

Kontroversi Thermo Gun, Sebenarnya Cek Suhu Paling Akurat di Mana?

Alat thermo gun merusak otak? Isu ini beredar setelah unggahan video Helmi Yahya dengan Ekonom Ichsanuddin Noors yang mengatakan alat pengukur suhu tubuh itu dapat merusak jaringan otak. Video yang beredar merupakan penggalan wawancara yang berlangsung selama satu menit.

Isu yang beredar sebenarnya sudah langsung diklarifikasi Achmad Yurianto ketika masih menjabat sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19 pada Senin 20 Juli 2020. Namun hingga hari ini isunya malah makin santer beredar.

Yuri dalam artikel yang dimuat di antaranews.com (21/7/2020) mengatakan, thermo gun tidak menggunakan laser atau radioaktif seperti X-ray. Pistol pengukur suhu tubuh tersebut hanya mengukur pancaran radiasi sinar inframerah.

Kontroversi Thermo Gun, Sebenarnya Cek Suhu Paling Akurat di Mana

Secara logika, jika thermo gun berbahaya, tidak mungkin disarankan lembaga-lembaga kesehatan. Bahkan, Food & Drug Administration atau FDA AS juga menyarankan penggunaan non-contact infrared thermometers (NCITs) atau thermo gun dalam pengecekan suhu tubuh selama pandemi.

Mengapa demikian? Karena bisa dilakukan tanpa memerlukan kontak langsung dengan orang lain yang belum atau tidak diketahui apakah positif COVID-19 atau tidak. Kontak langsung memang menjadi bagian dari protokol kesehatan yang harus dihindari untuk mencegah penularan COVID-19.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Lalu, benarkah pengecekan harus dilakukan di dahi? Pertanyaannya mau di bagian mana lagi? Karena, ada lima lokasi tubuh manusia untuk pengecekan suhu tubuh, yaitu mulut, ketiak, telinga, ketiak, dubur, atau dahi. Dari lima lokasi tersebut, tentunya yang paling mudah dan tidak memerlukan interaksi yang berisiko adalah pengecekan di dahi.

FDA pun menyarankan pengecekan dengan thermo gun, spesifik di dahi dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Area uji dahi bersih, kering dan tidak terhalang selama pengukuran
  2. Suhu atau suhu tubuh orang tersebut di area uji dahi belum meningkat atau berkurang dengan mengenakan pakaian berlebihan atau penutup kepala (misalnya ikat kepala, bandana), atau dengan menggunakan produk pembersih wajah seperti tisu basah
  3. Pegang bidang penginderaan NCIT secara tegak lurus ke dahi dan perintahkan orang tersebut untuk tetap diam selama pengukuran.
  4. Jarak antara NCIT dan dahi spesifik setiap pengukuran sesuai dengan instruksi yang tertera pada thermo gun.
  5. Jangan menyentuh area penginderaan NCIT dan menjaga sensor tetap bersih dan kering

[Baca Juga: Helm Pintar TNI-AD Mampu Mendeteksi Suhu Belasan Orang Sekaligus]

Selain karena lokasi dahi yang memudahkan, perlu diketahui kalau pada setiap bagian tubuh untuk pengecekan suhunya bisa berbeda-beda. Namun, itu bukan masalah mana yang salah atau yang besar. Para praktisi layanan medis telah mengetahui tentang perbedaan tersebut dan rata-rata hanya sekitar 0,3 hingga 0,6 derajat celcius dari suhu oral atau mulut. Sehingga, tetap dapat mendapatkan gambaran yang akurat untuk penentuan demam atau tidaknya seseorang.

Penentuan lokasi pengecekan suhu juga biasanya ditentukan dari alat yang digunakan. Termometer berbentuk stik bisa digunakan di ketiak, mulut atau dubur, tentunya dengan selalu memperhatikan kebersihan untuk mencegah penularan penyakit. Thermometer telinga biasanya memiliki bentuk khusus yang hampir mirip thermo gun tapi berbeda. Dan yang terakhir tentunya thermo gun yang idealnya digunakan untuk mengecek suhu pada dahi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.