Koramil dan Warga Kepulauan Seribu Membudidayakan Rumput Laut

Berita Kawasan

Koramil dan Warga Kepulauan Seribu Membudidayakan Rumput Laut

Kepulauan Seribu Utara menerima bantuan bibit rumput laut dari Komando Rayon Militer (Koramil) Kepulauan Seribu. Sebanyak tiga kwintal bibit rumput laut diterima warga Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang.

Mengutip pulauseribu.jakarta.go.id (8/4/2019), Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengutarakan apresisasi dan terima kasih atas pemberian bantuan bibit rumput laut dari TNI Angkatan Darat (AD) kepada warganya yang ada di Pulau Panggang. Dia juga berharap, bisa semakin menggalakkan budidaya rumput laut di kawasan Kepulauan Seribu dan bisa menjadi sumber penghasilan baru.

“Saya apresiasi dan itu bagus, tidak mengganggu alur perlintasan kapal. Semoga kehadiran rumput laut itu bermanfaat untuk masyarakat Kepulauan Seribu,” ucapnya.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

Komandan Koramil (Danramil) Kepulauan Seribu Mayor Infrantri Ali Anwar menyampaikan, bibit rumput laut yang diserahkan pada warga Pulau Panggang merupakan bibit yang diperoleh dari Pulau Tidung yang asal bibit rumput lautnya dari Pulau Bali. Dia juga mengatakan, tujuan pemberian bibit rumput laut adalah untuk membantu serta meningkatkan kekuatan dan kemandirian ekonomi rakyat.

Bibir rumput laut kemudian ditanam warga Pulau Panggang bersama TNI AD di perairan Pulau Karya, tepatnya di dermaga utama depan kantor Koramil. Bibitnya ditanam berjajar sepanjang 10 meter dengan sebuah tali dan menggunakan metode lepas dasar, yaitu bibit rumput laut dibiarkan melayang di bawah permukaan laut dengan mengikuti pasang surut air laut tanpa menyentuh dasarnya sebagaimana dikatakan Ali dalam lansiran pulauseribu.jakarta.go.id (8/4/2019).

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Pasca panen nanti, rumput laut tersebut bisa menjadi bibit baru dan semakin banyak warga Pulau Panggang yang membudidayakan rumput lain seperti harapan Danramil Kepulauan Seribu.

“Kita rencanakan ke depannya, di Pulau Panggang ini ada kelompok tani pembudidaya rumput laut”, tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.

Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Kulit Anda

Kecantikan dan Fashion

Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan

22 September 2020, 12:29

Bahan ini pertama kali diisolasi dari susu asam, dan Cleopatra diperkirakan memanfaatkan khasiatnya yang bermanfaat pada kulit dengan mandi susu.


Comments


Please Login to leave a comment.