Pemkot Jakut Pastikan Pengungsi Kebakaran Dapat Sahur dan Layanan Kesehatan

Berita Kawasan

Korban Kebakaran Kampung Badan Dapat Sahur & Layanan Kesehatan

Pada Sabtu siang, tepatnya tanggal 11 Mei 2019 kobaran api melahap sekitar 450 bangunan semi permanen di kawasan Kampung Bandan, yakni lingkungan RT 11, 12, dan 13 di RW 05 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Berbagai media memberitakan kejadian kebakaran ini yang menyebabkan sedikitnya 400 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal.

Akibat kebakaran yang melanda kawasan Jakarta Utara, Pemerintah Kota Jakarta Utara memastikan pengungsi di Kampung Bandan mendapatkan makanan sahur dan takjil gratis. Makanan berupa nasi bungkus mulai didistribusikan sejak Sabtu malam sebagaimana dilansir utara.jakarta.go.id (11/5/2019).

Pemkot Jakut Pastikan Pengungsi Kebakaran Dapat Sahur dan Layanan Kesehatan

Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau secara simbolis menyerahkan bantuan makanan cepat saji kepada perwakilan warga. Pendistribusian makanan sahur dan takjil gratis ini akan dilakukan hingga sepekan ke depan.

Dia menjelaskan, pendistribusian logistik juga diberikan kepada perwakilan warga, di antaranya 150 kilogram beras, 25 dus mi instan, lima dus sarden, dan 10 dus biskuit. Selain itu, logistik berupa perlengkapan hidup pun turut didistribusikan, mulai dari 160 lembar selimut, 21 lembar terpal, 20 lembar matras, 50 item daster, hingga 48 paket sandang.

[Baca Juga: 56 Siswa TK di Jakarta Timur Dikenalkan Profesi Pemadam Kebakaran]

"Tentunya pendistribusian logistik akan terus dilakukan bukan hanya hari ini. Pendistribusian bantuan ini kita lihat sampai tujuh hari ke depan," jelasnya.

Pendistibusian bantuan dilakukan berdasarkan penyesuaian data korban terdampak di Kampung Bandan. Bantuan tersebut dikatakan Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara Aji Antoko merupakan bantuan yang berasal dari Dinas Sosial DKI Jakarta. "Intinya di sini Pemprov DKI dan Pemkot Jakarta Utara siap membantu para korban terdampak. Distribusi ini kita lihat hingga sepekan ke depan," tandasnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Libatkan Masyarakat Antisipasi Banjir]

Selain distribusi bantuan berupa makanan dan logistik, Pemkot Jakarta Utara juga mendirikan dua posko kesehatan bagi korban kebakaran di Kampung Bandan. Posko utama melayani kesehatan masyarakat selama 24 jam, dan posko cadangan hanya melayani saat jam kerja. Hal tersebut seperti dikatakan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yuti Dimyati.

Dia juga menjelaskan, kedua posko diisi sekitar 25 petugas medis yang terdiri dari dokter umum, perawat, dan farmasi. Pelayanan kesehatan yang diberikan bagi korban kebakaran di Kampung Bandan berupa pengobatan umum. Selain itu, bagi korban yang mengalami luka akibat terkena pecahan puing juga bisa dilayani dengan memberikan suntik anti tetanus sebagaimana dilansir utara.jakarta.go.id (12/3/2019)

[Baca Juga: Sudin Gulkarmat Jaksel Gelar Gerebek Bersih Jalan Setiabudi]

Jika ditemukan warga yang menjadi korban kebakaran mengalami penyakit berat yang tidak bisa ditangani di kedua posko, maka akan dirujuk ke Puskesmas Kecamatan Pademangan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.