Korban Kebakaran Rawa Bunga Dibagikan Dokumen Pengganti

Berita Kawasan

Korban Kebakaran Rawa Bunga Dibagikan Dokumen Pengganti

Kebakaran melahap hunian di RW 01 Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur pada 21 September 2019. Demi membantu warga yang menjadi korban kebakaran, diberikanlah bantuan berupa duplikat dokumen penting yang terbakar. Melansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (01/10/2019), penyerahan dokumen dilakukan Camat Jatinegara Asril Rizal dan Lurah Rawa Bunga Agustina di halaman Masjid Al Barokah, Jalan Kemuning, RW 01 Rawa Bunga. Dokumen yang diserahkan diantaranya yaitu Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan (Suket) atau resi KTP, Kartu Identitas Anak (KIA) dan surat pengantar dari kelurahan atau PM1 untuk mengurus dokumen ke instansi lain.

Camat Jatinegara Asril Rizal mengatakan, pascakebakaran pihaknya langsung melakukan pendataan dan koordinasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur. Namun, belum semua dokumen bisa dibagikan karena masih dalam proses pencetakan. “Hari ini sebagian dokumen sudah selesai cetak dan langsung diserahkan ke warga langsung. Proses pendataan juga cepat dan tak ada kendala. Hanya saja untuk proses pencetakan e-KTP menunggu dari Sudin Dukcapil,” ujar Asril.

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Sementara, Lurah Rawa Bunga, Agustina mengatakan, dari 133 rumah yang terbakar diketahui ada 105 KK yang terbakar dan 28 KK yang tidak terbakar karena berhasil diselamatkan pemiliknya. Kemudian dari 105 KK yang terbakar itu, 94 KK di antaranya sudah dicetak ulang. Sisanya merupakan KK terbitan luar Jakarta sehingga tidak diikutsertakan dalam pencetakan.

“Kemudian ada 105 KTP yang terbakar dan hari ini kita berikan suket pada 94 warga. Suket ini untuk pengganti sementara sambil menunggu pencetakan e KTP oleh Sudin Dukcapil Jakarta Timur,” kata Agustina. Menurutnya, dokumen lainnya yang terbakar adalah akta kelahiran sebanyak 38 lembar, dan saat ini masih dalam proses pencetakan. Kemudian, ada 39 Kartu Identitas Anak (KIA) yang terbakar dan sudah tercetak seluruhnya.

Selain itu, ada 40 lembar surat pengantar PM1 untuk mengurus semua dokumen ke instansi lain. Surat pengantar ini bisa digandakan dengan cara dilegalisir untuk keabsahannya. Surat Pengantar PM1, bisa untuk mengurus lima dokumen sekaligus yang terkait dengan instansi lain, seperti STNK, ijazah, buku nikah, SIM dan NPWP serta dokumen lainnya.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Kusrini (48), seorang warga RT 03/ RW 01 Rawa Bunga, mengaku bersyukur dan berterimakasih karena proses mengurus dokumen yang terbakar bisa cepat. Saat kebakaran, banyak dokumen miliknya terbakar adalah KTP, KK, Kartu Balsem, KJP, KIS, akta lahir anak dan suami, ijazah, buku nikah, ATM Bank DKI. "Alhamdulillah semua dokumen yang terbakar sudah diproses dan sebagiannya sudah dicetak. Kita ucapkan terima kasih pada jajaran Pemprov DKI yang cepat bertindak dalam mengurus dokumen warganya," kata Kusrini.

Mengetahui penting surat dan dokumen sebagai tanda yang sah untuk identitas serta kepemilikan seseorang terhadap sesuatu, maka dari itu kepedulian pemerintah dalam mengurus, membantu dan menyegerakan. Sehingga mencegah dan mengecilkan masalah yang mungkin akan timbul suatu saat.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.