Korban Kebakaran Rawa Bunga Dibagikan Dokumen Pengganti

Berita Kawasan

Korban Kebakaran Rawa Bunga Dibagikan Dokumen Pengganti

Kebakaran melahap hunian di RW 01 Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur pada 21 September 2019. Demi membantu warga yang menjadi korban kebakaran, diberikanlah bantuan berupa duplikat dokumen penting yang terbakar. Melansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (01/10/2019), penyerahan dokumen dilakukan Camat Jatinegara Asril Rizal dan Lurah Rawa Bunga Agustina di halaman Masjid Al Barokah, Jalan Kemuning, RW 01 Rawa Bunga. Dokumen yang diserahkan diantaranya yaitu Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan (Suket) atau resi KTP, Kartu Identitas Anak (KIA) dan surat pengantar dari kelurahan atau PM1 untuk mengurus dokumen ke instansi lain.

Camat Jatinegara Asril Rizal mengatakan, pascakebakaran pihaknya langsung melakukan pendataan dan koordinasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur. Namun, belum semua dokumen bisa dibagikan karena masih dalam proses pencetakan. “Hari ini sebagian dokumen sudah selesai cetak dan langsung diserahkan ke warga langsung. Proses pendataan juga cepat dan tak ada kendala. Hanya saja untuk proses pencetakan e-KTP menunggu dari Sudin Dukcapil,” ujar Asril.

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Sementara, Lurah Rawa Bunga, Agustina mengatakan, dari 133 rumah yang terbakar diketahui ada 105 KK yang terbakar dan 28 KK yang tidak terbakar karena berhasil diselamatkan pemiliknya. Kemudian dari 105 KK yang terbakar itu, 94 KK di antaranya sudah dicetak ulang. Sisanya merupakan KK terbitan luar Jakarta sehingga tidak diikutsertakan dalam pencetakan.

“Kemudian ada 105 KTP yang terbakar dan hari ini kita berikan suket pada 94 warga. Suket ini untuk pengganti sementara sambil menunggu pencetakan e KTP oleh Sudin Dukcapil Jakarta Timur,” kata Agustina. Menurutnya, dokumen lainnya yang terbakar adalah akta kelahiran sebanyak 38 lembar, dan saat ini masih dalam proses pencetakan. Kemudian, ada 39 Kartu Identitas Anak (KIA) yang terbakar dan sudah tercetak seluruhnya.

Selain itu, ada 40 lembar surat pengantar PM1 untuk mengurus semua dokumen ke instansi lain. Surat pengantar ini bisa digandakan dengan cara dilegalisir untuk keabsahannya. Surat Pengantar PM1, bisa untuk mengurus lima dokumen sekaligus yang terkait dengan instansi lain, seperti STNK, ijazah, buku nikah, SIM dan NPWP serta dokumen lainnya.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Kusrini (48), seorang warga RT 03/ RW 01 Rawa Bunga, mengaku bersyukur dan berterimakasih karena proses mengurus dokumen yang terbakar bisa cepat. Saat kebakaran, banyak dokumen miliknya terbakar adalah KTP, KK, Kartu Balsem, KJP, KIS, akta lahir anak dan suami, ijazah, buku nikah, ATM Bank DKI. "Alhamdulillah semua dokumen yang terbakar sudah diproses dan sebagiannya sudah dicetak. Kita ucapkan terima kasih pada jajaran Pemprov DKI yang cepat bertindak dalam mengurus dokumen warganya," kata Kusrini.

Mengetahui penting surat dan dokumen sebagai tanda yang sah untuk identitas serta kepemilikan seseorang terhadap sesuatu, maka dari itu kepedulian pemerintah dalam mengurus, membantu dan menyegerakan. Sehingga mencegah dan mengecilkan masalah yang mungkin akan timbul suatu saat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.