Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Kota Bandung Siap Buka Kembali Rumah Ibadah

Sudah hampir satu pekan kota Bandung menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Semenjak itu pula berbagai fasilitas umum mulai mempersiapkan berbagai protokol kesehatan sebelum bisa kembali dibuka untuk publik.

Seperti halnya rumah ibadah yang berada di Kota Bandung mulai dari masjid, gereja hingga vihara. Sebelum dibuka kembali untuk umum, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mewanti-wanti agar protokol kesehatan betul-betul diterapkan agar para jemaah yang melakukan peribadatan memiliki rasa aman dan nyaman serta tidak ada lagi pertambahan kasus COVID-19 di Kota Bandung.

[Baca Juga: Ojol di Kota Bandung Boleh Angkut Penumpang Lagi. Ada Syaratnya?]

"Kami mengajak semua tempat ibadah betul-betul melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, baik dan benar karena ini ada risiko umat, karena tiap rumah ibadah akan dikunjungi cukup banyak jemaah atau umat," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Paling tidak kata Yana, pengelola tempat ibadah harus menyiapkan alat pencuci tangan, bilik disinfektan dan thermo gun atau alat pengukur suhu tubuh sebagai bagian dari protokol kesehatan. Penerapan Pyschical Distancing juga diharapkan dapat diterapkan dengan baik oleh para jamaah yang hadir untuk beribadah.

“Kesehatan sejak awal seperti cuci tangan, kemudian bilik disinfektannya, thermo gun, dan kemudian physical distancingnya kita diskusikan jarak ke samping, ke depan,” tambah Yana.

Masjid Belum Boleh Adakan Kajian

Meski menurut Yana banyak tempat ibadah di kota Bandung yang sudah sangat siap untuk kembali dibuka, namun hal tersebut hanya diperbolehkan untuk ibadah yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

Seperti di masjid kata Yana, pihaknya hanya mengizinkan untuk menggelar salat wajib berjamaah, dan salat Jumat. Sementara untuk kegiatan seperti kajian belum diperbolehkan terlebih dahulu untuk sementara waktu.

[Baca Juga: Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020]

Menurut Yana, kegiatan kajian di masjid biasanya digelar cukup lama. Sebab, satu kali kegiatan kajian bisa digelar satu hingga dua jam. Maka dari itu, kegiatan pengajian diimbau untuk tidak digelar dulu.

"Salat wajib dan salat Jumat pun kami sarankan waktunya jadi lebih pendek misalkan dengan baca surat-surat yang pendek," ucap Yana.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 3 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh dan bosan sekali karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? Solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search atau cari QQHARIAN guys. Cukup #dirumahaja dan mainkan berbagai game online di dalamnya serta bisa menghilangkan rasa jenuh/bosan kalian saat ini.! 🥳🥳🥳