Kota Bandung Terus Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bagi Lansia

Berita Kawasan

Kota Bandung Terus Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bagi Lansia

Setelah pada tahun lalu terpilih sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Wali Kota Bandung Oded M Danial berkomitmen untuk terus memerhatikan para lanjut usia (Lansia).

Hal itu dibuktikan dengan dibuatnya bidang khusus pelayanan lansia di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung.

Oded yakin dengan adanya bidang khusus tersebut para lansia bisa lebih produktif dan lebih bersemangat menjalani hidup. Sebab selain diberi pendampingan sebagai mana mestinya, para lansia di Kota Bandung juga akan diberikan edukasi serta diarahkan ke berbagai kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

[Baca Juga: Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Apa Syaratnya?]

"Dimana bidang lansia ini betul-betul mengurusi masalah lansia di kota Bandung. Saya harapkan dengan adanya bidang lansia ini lebih greget lagi, lebih mendalam dalam rangka pelayanan kepada lansia," kata Oded di Balai Kota Bandung usai mengikuti upacara virtual peringatan hari Lansia 2020, Selasa, 2 Juni 2020.

Adapun beberapa program peduli lansia yang dibuat oleh Pemkot Bandung diantaranya ada Sekolah Lansia. Di sekolah yang terletak di Kantor Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung ini akan memberikan pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan lansia.

Kota Bandung Terus Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bagi Lansia

Ada banyak hal yang didapatkan para lansia di sekolah ini seperti pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan. Kemudian cara meningkatkan indeks kebahagiaan lansia, meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas lansia dan meningkatkan kemandirian dari aspek kesehatan fisik, psikologi, sosial dan spiritual.

Kedepan rencananya, Pemkot akan kembali membuka Sekolah Lansia di daerah Antapani, Sukajadi, Ujungberung dan Cinambo. Selain Sekolah Lansia, Pemkot Bandung juga telah menghadirkan Taman Lansia, Minggu Lansia, juga program Layad Rawat untuk memudahkan pemeriksaan kesehatan para Lansia.

[Baca Juga: PNS di Kabupaten Bandung dapat Jaminan Kecelakan Kerja]

"Ternyata Lansia di kota Bandung ini produktif dan bagus sekali saya kira meskipun sudah Lansia tapi mereka tidak mau kalah di lapangan," tegas Oded.

Untuk diketahui menurut data BPS, tercatat jumlah lansia (di atas 60 tahun) di Kota Bandung hingga bulan Mei 2020 ada sebanyak 166.539 dari 1.868.714 jiwa total penduduk Kota Bandung. Sedangkan angka harapan hidup (AHH) Kota Bandung mencapai usia 74 Tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google QQHARIAN. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHarian serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..