BEKASI-KAWASAN-KOTA BEKASI PUNYA PROGRAM LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI SUDAH TAHU-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Punya Program Layanan Masyarakat Berbasis Aplikasi. Sudah Tahu?

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi telah meluncurkan sebuas aplikasi bernama Bekasi ICONIC. Menurut penulusuran Pingpoint, aplikasi ini telah diluncurkan pada Februari 2018 lalu. Nama Bekasi ICONIC merupakan singkatan dari Bekasi Inovatif, Continues, Improvement, dan Collaboration.

Dilansir dari republika.com, Kepala Diskominfo di Kota Bekasi, Titi Masrifahati menyebutkan, tujuan pemerintah meluncurkan aplikasi ini merupakan bentuk pendekatan Pemkot kepada masyarakat. Aplikasi Bekasi ICONIC ini berbasis Android, belum ada versi iOs untuk pengguna iPhone. Aplikasi Bekasi ICONIC bisa diunduh gratis di playstore. Menurut data yang diambil dari playstore per tanggal 14 November 2018, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 1.000 kali. Ukurannya juga tak terlalu besar, aplikasi ini hanya memerlukan 8 mb.

Aplikasi ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk masyarakat Kota Bekasi. Aplikasi Bekasi ICONIC merupakan gabungan layanan yang dijadikan satu, Anda tak perlu mengunduh banyak aplikasi. Dari pertama diluncurkan hingga kini, aplikasi Bekasi ICONIC memiliki 28 fitur layanan yang bisa Anda gunakan.

[Baca Juga: Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi dengan Produk Digital]

Layanan tersebut antara lain, Call Centre, SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat), Damkar, Polresta, Berita, Pengaduan, Mall Layanan Publik, NYOK BELANJA, ebook, e-magazine, Simpati RS, Ayo Kerja, Perizinan, i-PBB, Kependudukan, Produk Hukum, Event Kota, e-magang, Wisata Bekasi, BAZNAS, e-musrembang, Pendidikan, e-transport, Mata Bekasi, Info Cuaca, Info Gempa, Info Donor, dan Video. Pemkot Bekasi berharap dengan adanya aplikasi ini masyarakat terbantu melakukan segala kepengerusan administrasi dan informasi mengenai segala hal yang terjadi di Bekasi.

Namun, ternyata info mengenai aplikasi ini belum diketahui oleh semua masyarakat Bekasi. “Saya tidak mengetahui Pemkot Bekasi memiliki aplikasi tersebut, sepertinya kurang sosialisasi ke masyarakat. Padahal aplikasinya bermanfaat banget ya ada info donor darahnya,” ujar Sonia Chairunissa, warga Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi saat dihubungi lewat pesan singkat Rabu (14/11/2018).

“Pemkot bisa meminta tolong Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk mempromosikannya di media sosial, selain itu manfaatkan videotron dan reklame yang di wilayah Bekasi, dan kualitas aplikasinya juga harus bermanfaat. Jika ada aduan atau keluhan harus ditangani dengan sigap bukan hanya sekedar bot (penjawab pesan otomatis) yang pasti, aplikasinya juga harus update,” tambahnya.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

Hal serupa juga diutarakan Arsiani Warsiki, Runner Up II Putera Puteri Kartini Kota Bekasi 2015, ia mengaku juga belum tau mengenai aplikasi layanan masyarakat ini. Menurutnya, Pemkot Kota Bekasi kurang mensosialisasikan hal ini ke masyarakat khususnya milenial. “Lebih baik disosialisasikan secara aktif ke anak milenial, nantinya anak milenial ini bisa membantu program pemerintah lewat promosi di media sosial mereka atau Pemkot Kota Bekasi juga bisa membuat aktivasi berupa lomba kekinian, seperti vlog atau konten yang menarik untuk memperkenalkan program ini ke masyarakat,” kata Arsiani saat dihubungi via pesan singkat.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.