BEKASI-KAWASAN-KOTA BEKASI PUNYA PROGRAM LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI SUDAH TAHU-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Punya Program Layanan Masyarakat Berbasis Aplikasi. Sudah Tahu?

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi telah meluncurkan sebuas aplikasi bernama Bekasi ICONIC. Menurut penulusuran Pingpoint, aplikasi ini telah diluncurkan pada Februari 2018 lalu. Nama Bekasi ICONIC merupakan singkatan dari Bekasi Inovatif, Continues, Improvement, dan Collaboration.

Dilansir dari republika.com, Kepala Diskominfo di Kota Bekasi, Titi Masrifahati menyebutkan, tujuan pemerintah meluncurkan aplikasi ini merupakan bentuk pendekatan Pemkot kepada masyarakat. Aplikasi Bekasi ICONIC ini berbasis Android, belum ada versi iOs untuk pengguna iPhone. Aplikasi Bekasi ICONIC bisa diunduh gratis di playstore. Menurut data yang diambil dari playstore per tanggal 14 November 2018, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 1.000 kali. Ukurannya juga tak terlalu besar, aplikasi ini hanya memerlukan 8 mb.

Aplikasi ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk masyarakat Kota Bekasi. Aplikasi Bekasi ICONIC merupakan gabungan layanan yang dijadikan satu, Anda tak perlu mengunduh banyak aplikasi. Dari pertama diluncurkan hingga kini, aplikasi Bekasi ICONIC memiliki 28 fitur layanan yang bisa Anda gunakan.

[Baca Juga: Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi dengan Produk Digital]

Layanan tersebut antara lain, Call Centre, SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat), Damkar, Polresta, Berita, Pengaduan, Mall Layanan Publik, NYOK BELANJA, ebook, e-magazine, Simpati RS, Ayo Kerja, Perizinan, i-PBB, Kependudukan, Produk Hukum, Event Kota, e-magang, Wisata Bekasi, BAZNAS, e-musrembang, Pendidikan, e-transport, Mata Bekasi, Info Cuaca, Info Gempa, Info Donor, dan Video. Pemkot Bekasi berharap dengan adanya aplikasi ini masyarakat terbantu melakukan segala kepengerusan administrasi dan informasi mengenai segala hal yang terjadi di Bekasi.

Namun, ternyata info mengenai aplikasi ini belum diketahui oleh semua masyarakat Bekasi. “Saya tidak mengetahui Pemkot Bekasi memiliki aplikasi tersebut, sepertinya kurang sosialisasi ke masyarakat. Padahal aplikasinya bermanfaat banget ya ada info donor darahnya,” ujar Sonia Chairunissa, warga Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi saat dihubungi lewat pesan singkat Rabu (14/11/2018).

“Pemkot bisa meminta tolong Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk mempromosikannya di media sosial, selain itu manfaatkan videotron dan reklame yang di wilayah Bekasi, dan kualitas aplikasinya juga harus bermanfaat. Jika ada aduan atau keluhan harus ditangani dengan sigap bukan hanya sekedar bot (penjawab pesan otomatis) yang pasti, aplikasinya juga harus update,” tambahnya.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

Hal serupa juga diutarakan Arsiani Warsiki, Runner Up II Putera Puteri Kartini Kota Bekasi 2015, ia mengaku juga belum tau mengenai aplikasi layanan masyarakat ini. Menurutnya, Pemkot Kota Bekasi kurang mensosialisasikan hal ini ke masyarakat khususnya milenial. “Lebih baik disosialisasikan secara aktif ke anak milenial, nantinya anak milenial ini bisa membantu program pemerintah lewat promosi di media sosial mereka atau Pemkot Kota Bekasi juga bisa membuat aktivasi berupa lomba kekinian, seperti vlog atau konten yang menarik untuk memperkenalkan program ini ke masyarakat,” kata Arsiani saat dihubungi via pesan singkat.


Read More

Artikel Lainnya

Bubur India

Kuliner

Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang

20 April 2021, 18:06

Tradisi menyuguhkan takjil Bubur India ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di jalan Petolongan.

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.


Comments


Please Login to leave a comment.