Kota Bekasi Rencanakan Pembelajaran Tatap Muka pada Desember 2020

Pendidikan

Kota Bekasi Rencanakan Pembelajaran Tatap Muka pada Desember 2020

Simulasi kegiatan belajar tatap muka diKota Bekasi, Jawa Barat, direncanakan untuk dimulai saat ujian akhir semester pada Desember 2020. Rencana simulasi tersebut akan dilaporkan terlebih dahulu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, dari hasil rapat berbagai pemangku kepentingan bidang pendidikan yang disetujui Wali Kota Bekasi disimpulkan untuk terlebih dahulu digelar simulasi pada Desember 2020. Pembelajaran tatap muka direncanakan efektif berjalan pada Januari 2021. ”Kami sedang susun suratnya. Surat pemberitahuan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait simulasi dalam rangka (belajar tatap muka) untuk penilaian akhir semester,” kata Inay seperti diberitakan kompas.id (11/11/2020).

Kota Bekasi Rencanakan Pembelajaran Tatap Muka pada Desember 2020

Inay menambahkan, Pemerintah Kota Bekasi berencana untuk menggelar pembelajaran tatap muka, salah satu pertimbangannya untuk mengakomodasi aspirasi para orangtua yang berharap anak-anaknya kembali belajar di sekolah. Sementara bagi orangtua yang tak setuju, pemerintah daerah akan tetap menyediakan pembelajaran secara daring. ”Yang jelas kami sedang mengkaji ini supaya jangan sampai terburu-buru dalam menetapkan. Tetap, surat keputusan bersama (SKB) empat menteri jadi acuan kami,” ujarnya.

Patuhi SKB Empat Menteri

Sebelumnya, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi Heri Purnomo mengingatkan, agar Pemerintah Kota Bekasi mematuhi ketentuan SKB empat menteri. Kota Bekasi juga masih berstatus zona merah penularan COVID-19 sehingga sangat berisiko tinggi.

”Pemerintah daerah boleh menetapkan kebijakan, tetapi tetap harus berlandaskan keputusan bersama empat menteri. Pembelajaran tatap muka hanya boleh digelar di daerah zona hijau dan kuning,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

[Baca Juga: Pemkot Bekasi Izinkan Sekolah di Zona Hijau Kembali Dibuka]

SKB Empat Menteri yang ditandatangani Mendikbud, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama ini mengatur tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19. SKB yang direvisi pada 7 Agustus 2020 ini menyebutkan, daerah yang termasuk zona hijau dan kuning dapat menggelar pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Heri menambahkan, pembelajaran tatap muka dengan syarat penerapan protokol kesehatan dinilai sulit diterapkan oleh pelajar yang masih anak-anak. Tak ada yang bisa menjamin para pelajar itu selalu mematuhi protokol kesehatan. ”Aspek yang harus dilihat itu adalah anak-anak ini rentan. Sejauh mana Pemerintah Kota Bekasi memastikan anak-anak patuh pada protokol kesehatan,” katanya.

Kota Bekasi Rencanakan Pembelajaran Tatap Muka pada Desember 2020

Pemerintah daerah juga diminta memikirkan dampak dan risiko yang harus ditempuh jika ada pelajar yang terkonfirmasi positif COVID-19. Persiapan itu termasuk tes usap pada para pelajar, guru, hingga orangtua siswa.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, pada Senin (9/11/2020), mengatakan, pertimbangan untuk kembali memulai pembelajaran tatap muka dilakukan karena proses pembelajaran daring yang selama ini berjalan di masa pandemi COVID-19 kurang efektif. Angka kesembuhan warga yang terpapar COVID-19 di daerah itu juga tinggi, yakni mencapai 93 persen.

Adapun berdasarkan data Satuan Tugas COVID-19 Kota Bekasi, pada Rabu, akumulasi kasus aktif COVID-19 di daerah itu sebanyak 7.536 kasus. Rinciannya, 460 kasus dirawat atau isolasi mandiri, 143 kasus meninggal, dan 6.933 kasus dinyatakan sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.