Herbal Rumput Mutiara Bersifat Antikanker

Kesehatan

Kota Bogor Buat Tim Khusus untuk Tekan Angka Penderita Kanker

Penderita kanker di Kota Bogor sejak tahun 2018 meningkat. Pada tahun 2018 lalu, pasien kanker tercatat sebanyak 316 penderita dan naik menjadi 413 penderita kanker per Agustus 2019. Angka ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Tim Paliatif menggelar Rapat Koordinasi Teknis di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, Pemkot Bogor bersama pemangku kepentingan telah mencanangkan komitmen luhur menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Peduli Kanker dan Paliatif sejak 2016.

Kota Bogor Buat Tim Khusus untuk Tekan Angka Penderita Kanker

Komitmen tersebut diwujudkan melalui ragam aksi nyata salah satunya menerbitkan Perwali Nomor 440 Tahun 2016 tentang Tim Paliatif Kota Bogor. Berdasarkan Perwali, Dinas Kesehatan memiliki 25 Puskesmas yang bisa melayani kanker secara promotif (pendidikan kesehatan), preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan) dan paliatif (mengurangi penderitaan).

"Pelatihan paliatif dilakukan secara bertahap yang sampai saat ini telah dilatih enam orang, yang terdiri dari tiga orang dokter umum dan tiga orang perawat," kata Ade.

[Baca Juga: Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker]

Melansir dari kotabogor.go.id (25/6/2019), Ade menuturkan, 413 orang penderita kanker tahun 2019 seluruhnya sudah mendapatkan pelayanan pengobatan. Dengan rincian jumlah penderita kanker payudara sebanyak 231 orang, kanker leher rahim dan ovarium sebanyak 50 orang, kanker kolorektal 25 orang, kanker darah (leukemia) 19 orang, kanker paru 15 orang, kanker prostat 8 orang, kanker nasofaring 8 orang dan kanker lainnya 57 orang.

"Jumlah pasien kanker stadium lanjut 2019 sebanyak 45 orang, tapi 19 orang meninggal dunia dan 26 orang yang mendapatkan asuhan paliatif. Kami memberikan dukungan motivasi untuk melakukan kontrol rutin, membantu mengelola kekhawatiran atau stres yang muncul dalam menghadapi penyakitnya, dan mengontrol pemakaian obat serta memberikan perawatan home care," lanjut Ade.

[Baca Juga: Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya]

Ade melanjutkan, kegiatan Paliatif ini harus terus dimonitoring dan dievaluasi untuk memantau pelaksanaan kerja. Ia juga berharap dengan adanya temuan ini, semua pihak dapat bahu membahu untuk mengurangi beban penderita kanker di Kota Bogor. Bahkan, Ade rencananya akan membentuk tim paliatif tingkat kecamatan untuk lebih menggerakkan masyarakat peduli kanker.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.