Depok-Kawasan-Rayakan-Maulid-Nabi--Kota-Depok-Adakan-Festival-Emil.jpg

Berita Kawasan

Kota Depok Adakan Festival Peringatan Maulid Nabi

Maulid Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi di Indonesia tahun ini jatuh pada tanggal 20 November 2018. Berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya pun sudah mulai mempersiapkan untuk mengadakan acara untuk merayakan kelahiran nabi terakhir dalam agama Islam tersebut. Kota Depok pun turut merayakannya dengan mengadakan festival, baik di tingkat kota hingga kelurahan.

Agenda perayaan Maulid Nabi yang utama adalah pada 18–19 November 2018 di Lapangan Balai Kota Depok. Acara ini diisi berbagai ceramah agama yang disampaikan para dai dan beragam UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) juga turut hadir untuk membawa produk-produk mereka sembari mengenalkannya ke masyarakat Kota Depok.

Peringatan Maulid Nabi di Kota Depok

Ketua Pelaksana Festival Maulid Nabi SAW, Sri Utama menejlaskan tema utama dari peringatan tahun ini adalah Cinta Rasulullah untuk Depok Religius. “Tema tersebut diambil dikarenakan Pemerintahan Kota Depok ingin pelaksanaan Maulid Nabi kali ini dikemas untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat Kota Depok dengan menggelar produk unggulan Kota Depok,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (17/11/2018).

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Karena itu pameran berbagai produk unggulan Depok pun akan dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada 15.00. Salah satu cara agar semakin menarik perhatian para pengunjung, Pemerintah Kota Depok menyediakan 1.000 porsi makanan untuk orang-orang yang namanya memiliki hubungan dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi di Kota Depok

“Di antaranya, Muhammad, Ahmad, Amin, Amanah, Fatanah, Sidik, Siti, Aminah dan Khadijah,” ucapnya. Bila Anda pemilik salah satu nama tersebut, Anda perlu membawa KTP, SIM, Kartu Pelajar atau Kartu Keluarga.

Selain itu masih ada peringatan pada tanggal 19 November 2018 yang bertajuk Festival Depok Sejuta Maulid, pihak Pemeritah Kota Depok secara serentak akan mengadakan peringatan Maulid Nabi di Lapangan Balai Kota Depok dan di 63 kelurahan Kota Depok.

[Baca Juga: Masjid Langgar Tinggi, Tempat Ibadah Bersejarah di Pekojan]

Kegiatan di puluhan kelurahan tersebut ditujukan untuk penyiaran agama Islam serta mempererat silahturahmi antara masyarakat di kelurahan Kota Depok. Selain itu, momen ini juga dimanfaatkan untuk semakin meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW.

Salah satu kelurahan di Kota Depok yang ikut merayakannya adalah Duren Mekar. Sebagaimana dilansir dari Radar Depok, di kelurahan ini peringatan Maulid Nabi akan diisi acara pembacaan rawi, pembacaan lantunan ayat suci Alquran, hadroh dan marawis.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.