Kota Depok Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Sungai Ciliwung.jpg

Berita Kawasan

Kota Depok Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Sungai Ciliwung

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, akan melakukan seleksi terhadap usulan yang diberikan komunitas maupun lembaga yang peduli terhadap kelestarian Ciliwung. Pihaknya memberikan kesempatan seluruh elemen untuk mengajukan usulan secara tertulis, agar bisa ditindaklanjuti.

“Siapa pun sah-sah saja mengajukan usulan, apalagi yang sifatnya untuk kebaikan lingkungan. Namun, nanti akan kita lihat dulu, mana kebutuhan yang mendesak, mana yang bisa dikaji dulu. Yang jelas kami mendukung serta mengapresiasi program kegiatan yang dilakukan pegiat lingkungan,” ujar Ety seperti dikuti dari depok.go.id (25/02/2019).

[Baca Juga: Peringati HPSN 2019, Bebenah Ciliwung Kembali Diadakan]

Diakui Ety, salah satu usulan yang masuk kepadanya dari Yayasan Sahabat Ciliwung. Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung Hidayat Al Ramdani mengaku, sudah sering bekerja sama dengan DLHK Kota Depok. Bahkan, untuk tahun ini komunitasnya mengajukan tiga usulan agar bisa diakomodir DLHK.

Yayasan Sahabat Ciliwung berdiri sejak 14 Januari 2014, yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi di Kota Depok seperti Kancil, Depok Climbing Sport, Gemapsi, KNPI, Karang Taruna Ratujaya, dan Sport Ranger, Komunitas Sahabat Ciliwung Depok, dan masih banyak komunitas lain.

Semua yang tergabung memiliki kepedulian yang sama terhadap sungai ciliwung. Dalam kegiatannya, Sekratariat Bersama Sahabat Ciliwung ingin memerdekakan Ciliwung dari sampah dan limbah, diantaranya dengan mengedukasikan masyarakat dengan balutan edukasi wisata dengan nama arung edukasi Ciliwung, dan melakukan sosialisasi dengan masyarakat bantaran sungai.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

“Kami mengajukan tiga usulan. Salah satunya penguatan program Green to School yang telah dijalankan bersama. Baik DLHK, Yayasan Sahabat Ciliwung dan beberapa komunitas lainnya,” ujar Hidayat.

Kedua, lanjut Dayat, kegiatan patroli sungai. Namun, dalam kegiatan ini ada upaya penguatan, baik dari segi operasionalnya maupun kelengkapan sarana dan prasarana. Ketiga adalah pengadaan pos pantau di beberapa lokasi seperti di Kali Pesanggrahan dan Kali Caringin.

“Kita minta DLHK untuk membuatkan pos-pos pantau di beberapa lokasi, jadi tidak hanya di Ciliwung. Karena ini bagian dari titik pantau sungai dan cara paling mudah mengecek kondisi air, bukan hanya saat banjir dan saat banyak sampah, tetapi untuk mengecek keadaan airnya seperti apa,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.