Kota Depok Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Sungai Ciliwung.jpg

Berita Kawasan

Kota Depok Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Sungai Ciliwung

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, akan melakukan seleksi terhadap usulan yang diberikan komunitas maupun lembaga yang peduli terhadap kelestarian Ciliwung. Pihaknya memberikan kesempatan seluruh elemen untuk mengajukan usulan secara tertulis, agar bisa ditindaklanjuti.

“Siapa pun sah-sah saja mengajukan usulan, apalagi yang sifatnya untuk kebaikan lingkungan. Namun, nanti akan kita lihat dulu, mana kebutuhan yang mendesak, mana yang bisa dikaji dulu. Yang jelas kami mendukung serta mengapresiasi program kegiatan yang dilakukan pegiat lingkungan,” ujar Ety seperti dikuti dari depok.go.id (25/02/2019).

[Baca Juga: Peringati HPSN 2019, Bebenah Ciliwung Kembali Diadakan]

Diakui Ety, salah satu usulan yang masuk kepadanya dari Yayasan Sahabat Ciliwung. Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung Hidayat Al Ramdani mengaku, sudah sering bekerja sama dengan DLHK Kota Depok. Bahkan, untuk tahun ini komunitasnya mengajukan tiga usulan agar bisa diakomodir DLHK.

Yayasan Sahabat Ciliwung berdiri sejak 14 Januari 2014, yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi di Kota Depok seperti Kancil, Depok Climbing Sport, Gemapsi, KNPI, Karang Taruna Ratujaya, dan Sport Ranger, Komunitas Sahabat Ciliwung Depok, dan masih banyak komunitas lain.

Semua yang tergabung memiliki kepedulian yang sama terhadap sungai ciliwung. Dalam kegiatannya, Sekratariat Bersama Sahabat Ciliwung ingin memerdekakan Ciliwung dari sampah dan limbah, diantaranya dengan mengedukasikan masyarakat dengan balutan edukasi wisata dengan nama arung edukasi Ciliwung, dan melakukan sosialisasi dengan masyarakat bantaran sungai.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

“Kami mengajukan tiga usulan. Salah satunya penguatan program Green to School yang telah dijalankan bersama. Baik DLHK, Yayasan Sahabat Ciliwung dan beberapa komunitas lainnya,” ujar Hidayat.

Kedua, lanjut Dayat, kegiatan patroli sungai. Namun, dalam kegiatan ini ada upaya penguatan, baik dari segi operasionalnya maupun kelengkapan sarana dan prasarana. Ketiga adalah pengadaan pos pantau di beberapa lokasi seperti di Kali Pesanggrahan dan Kali Caringin.

“Kita minta DLHK untuk membuatkan pos-pos pantau di beberapa lokasi, jadi tidak hanya di Ciliwung. Karena ini bagian dari titik pantau sungai dan cara paling mudah mengecek kondisi air, bukan hanya saat banjir dan saat banyak sampah, tetapi untuk mengecek keadaan airnya seperti apa,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.