wisata medisOK2.jpg

Kesehatan

Kota Semarang Siapkan Paket Wisata Medis di Era New Normal

Pada Grand Opening Indonesia Wellness Tourism International Festival 2021 tanggal 1 September 2021 lalu, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan jika Wellness tourism masuk kedalam salah satu dari empat pariwisata yang dikembangkan oleh Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di bawah koordinasi Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dengan kata lain Wellness tourism menjadi pengembangan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masa new normal.

Tren wisata kesehatan yang semakin meningkat di masa pandemi COVID-19 ini menjadi alasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan pengembangan di dua sektor wisata medis (medical tourism) dan wisata kesehatan (wellness tourism), meskipun wisata jenis ini di Indonesia masih kalah dibandingkan negara lain. “Meski wellness tourism Indonesia tertinggal dari negara lain, kita harus tetap gerak bersama. Mengingat kekayaan alam dan budaya Indonesia berpotensi dalam menciptakan keragaman industri wellness di dunia,” ujar Sandiaga saat itu.

wisata medisOK3.jpg

Tujuan wisata medis sendiri memungkinkan wisatawan untuk melakukan perjalanan dalam rangka mendapatkan perawatan untuk mengatasi penyakitnya. Pada umumnya wisatawan medis melakukan perjalanan ini untuk mendapatkan akses perawatan medis yang berkualitas dengan biaya terjangkau yang tidak ada di tempat asalnya. Kegiatan yang dilakukan oleh pelaku wisata medis biasanya merupakan aktivitas yang reaktif terhadap penyakit, diperlukan secara medis, serta diawasi oleh dokter.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang tengah melakukan MoU dengan Rumah Sakit Pemerintah dalam rangka membuka peluang wisata medis. “Kami sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan RS Dr Kariadi, harapannya bisa merintis wisata baru dengan minat kekhususan yaitu wisata medis,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari pada (5/10/2021) lalu.

[Baca Juga: Korea Medical & Wellness Tourism Promosikan Wisata Medis Korea]

Iin, sapaan akrab Indriyasari mengatakan jika wisata medis yang ditawarkan nantinya merupakan kombinasi berbagai paket wisata lain seperti kuliner atau wisata alam termasuk didalamnya check up kesehatan hingga pengobatan. “Nanti wisata medis itu akan kami gabungkan dengan wisata lain (paket wisata) yang ada di Kota Semarang. Baik dengan paket wisata kuliner atau pun wisata alam. Jadi para pengunjung yang datang ke Kota Semarang, bisa wisata, bisa berobat, atau menggabungkan keduanya,” terangnya.

wisata medisOK.jpg

Paket wisata medis yang ditawarkan tersebut diharapkan dapat mengubah cara pandang masyarakat yang masih melihat medis sebagai sesuatu yang menakutkan. Melalui paket wisata ini, Iin ingin meyakinkan masyarakat jika medis tidak melulu tentang pengobatan semata, namun didalamnya terdapat juga cara untuk mencegah terjadinya penyakit. Sehingga nantinya ketika mereka telah selesai melakukan wisata medis di rumah sakit, tak hanya tubuh yang menjadi sehat, namun hati juga ikut bahagia.

Paket wisata medis kota Semarang saat ini tengah menggandeng RSUP Dr Kariadi yang akan diberi nama Wisata Medis Sekar (Semarang Kariadi). Saat ini RS Dr Kariadi sedang mengajukan perizinan Wisata Medis Sekar ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Jika lolos, nantinya akan ada tindak lanjut untuk teknis-teknis lainnya hingga menjadi paket wisata medis di Kota Semarang. “Kami melihat sekarang ini potensi wisata ini cukup menjanjikan. Tidak menutup kemungkinan, rumah sakit-rumah sakit lain yang ada di Kota Semarang juga akan bergabung,” harap Iin dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (5/10/2021).


Read More

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang

Rumah Sakit Pemerintah

+62248413476
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.