Uji Lab Produk (Biaya.Info).jpg

Bisnis

Kota Tangerang Buka Uji Lab Gratis untuk Industri Kecil

Fokus kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam meningkatkan kualitas daya saing perekonomian lokal terus dilakukan secara intensif dan optimal. Bentuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkini adalah dengan membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan fasilitas gratis yang dapat menunjang pertumbuhan kualitas produk usaha masing-masing, salah satunya melalui program fasilitas uji lab secara gratis.

Melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM), program uji lab gratis ini dihadirkan secara terbuka bagi pelaku-pelaku usaha industri kecil menengah yang ada di Kota Tangerang. Terobosan program ini menyasar bagi produk-produk makanan kering dan minuman serbuk yang memang menjadi daya topang utama perkembangan UMKM yang ada di Kota Tangerang.

[Baca Juga: Dorong Transaksi Digital, Kemenkominfo Fasilitasi UMKM Kabupaten Tangerang]

Merujuk pada keterangan Kepala Bidang Industri, Disperindagkop UKM, Kota Tangerang, Zaelani, program ini merupakan program tahunan yang secara rutin dilaksanakan. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan perluasan standar produk industri, serta upaya dalam peningkatan pendapatan ekonomi kerakyatan. Mengingat uji lab produk merupakan salah satu syarat yang harus dibekali bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Uji Lab Produk 1.jpg

“Program ini untuk meningkatkan daya saing produk pangan IKM di Kota Tangerang melalui uji laboratorium. Terlebih, memperkuat daya perlindungan konsumen dan peningkatan daya saing di pasar bebas,” jelas Zaelani, Selasa, (26/10/2021).

Program uji lab gratis ini dibuka mulai bulan kemarin sampai berakhir di bulan depan. Meski kuota yang disediakan terbatas, prosedur pendaftaran untuk mendapatkan layanan fasilitas ini terbilang cukup sederhana dan tidak menyulitkan, serta mendapat legitimasi hasil berupa sertfikat resmi yang dikeluarkan pemangku kebijakan.

“Pendaftaran sudah Disperindagkop UKM buka sejak 9 September lalu hingga 29 November mendatang. Semua proses bisa dimanfaatkan secara gratis tanpa pungutan biaya sepeser pun, hingga sertifikat uji lab pada produknya keluar.” Lanjutnya.

[Baca Juga: Sentra UMKM Baru di Kelurahan Nusa Jaya Kota Tangerang]

Dalam keterangan di selebaran yang dibagikan oleh Disperindagkop UKM Kota Tangerang, para pelaku usaha industri kecil menengah yang ingin mendapatkan layanan fasilitas uji lab gratis ini hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen terkait identitas diri dan usaha yang sedang dikembangkan. Serta dibatasi hanya produk yang berupa makanan kering dan minuman serbuk yang lolos persyaratan. Selain itu, setiap pelaku usaha industri kecil menengah dibatasi maksimal boleh mendaftarkan tiga jenis produk berbeda.

28379disperindagkop-ukm-fasilitasi-uji-lab-gratis-bagi-pelaku-ikm-28379.jpg

“Pelaku usaha dapat mengisi formular di link https://bit.ly/3m06wm4. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor 082114113722 atas nama Bu Kiki. Jadi segera daftarkan produk kalian karena kuota terbatas.” Pungkasnya.

Pembukaan layanan fasilitas uji lab gratis ini diharapkan mampu membuka kesadaran bagi pelaku usaha industri kecil menengah untuk tetap memperhatikan prasyarat mutlak dalam mengembangkan usaha, serta meningkatkan kualitas produk dan membuka daya saing yang lebih tinggi di pasar secara umum.


Read More

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang

Kantor Pemerintahan Kota

+62215525358
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.