Kota Tangerang Jadi Finalis Million Cool Roofts di New York

Berita Kawasan

Kota Tangerang Jadi Finalis Million Cool Roofts di New York

Kota Tangerang berhasil masuk sebagai finalis dalam kompetisi Million Cool Roofts Challenge yang diadakan Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London, Inggris. Kota Tangerang menjadi salah satu dari sepuluh kota lain yang berasal dari berbagai negara untuk bersaing mendapatkan hadiah sebesar USD 1.000.000 yang akan digunakan untuk pelaksanaan program penurunan suhu udara di kota.

Million Cool Roofts Challenge adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan penurunan suhu mikro di perkotaan dengan dana yang terjangkau melalui penggunaan cat yang memiliki komposisi khusus yang dapat menyerap panas.

[Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI Bangun Sekolah Percontohan Ramah Lingkungan]

Melansir laman tangerangkota.go.id (29/07/2019). Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan, Kota Tangerang berhasil masuk jadi finalis dalam ajang tersebut karena kerjasama yang dilakukan Pemkot dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada bulan Maret 2019 lalu. Dari kerjasama itulah, mahasiswa UPI meminta Kota Tangerang untuk ikut kompetisi.

"Kota Tangerang dinilai memiliki karakteristik kepadatan penduduk dan suhu harian rata-rata yang juga cukup tinggi," sambung Arief yang ditemui di bantaran Sungai Cisadane pada27 Juli 2019. Dalam upaya pemkot Tangerang untuk menurunkan suhu harian rata-rata mendapatkan apresiasi dan terpilihlah sebagai finalis untuk kompetisi Million Cool Roofts dan akan diundang ke New York.

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Sementara itu, Kepala Seksi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Mesi Shinta Dewi yang menjadi salah satu tim dalam ajang tersebut menyebutkan, dengan masuk sebagai finalis ajang Million Cool Roofts, Kota Tangerang berhak atas dana sebesar USD 100.000 sebagai bentuk stimulan pelaksanaan proyek yang diberi nama Driving Climate Action to Combat Urban Heat Island @Coolroofs Tangerang.

Proyek ini akan difokuskan pada penelitian, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta penyediaan infrastruktur dalam upaya penurunan suhu mikro di Kota Tangerang. "Karena yang mengajukan adalah UPI, jadi nanti dananya dikelola oleh UPI untuk pelaksanaan pilot project-nya di Kota Tangerang," tutup Mesi.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.