Kota Tangerang Jadi Finalis Million Cool Roofts di New York

Berita Kawasan

Kota Tangerang Jadi Finalis Million Cool Roofts di New York

Kota Tangerang berhasil masuk sebagai finalis dalam kompetisi Million Cool Roofts Challenge yang diadakan Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London, Inggris. Kota Tangerang menjadi salah satu dari sepuluh kota lain yang berasal dari berbagai negara untuk bersaing mendapatkan hadiah sebesar USD 1.000.000 yang akan digunakan untuk pelaksanaan program penurunan suhu udara di kota.

Million Cool Roofts Challenge adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan penurunan suhu mikro di perkotaan dengan dana yang terjangkau melalui penggunaan cat yang memiliki komposisi khusus yang dapat menyerap panas.

[Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI Bangun Sekolah Percontohan Ramah Lingkungan]

Melansir laman tangerangkota.go.id (29/07/2019). Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan, Kota Tangerang berhasil masuk jadi finalis dalam ajang tersebut karena kerjasama yang dilakukan Pemkot dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada bulan Maret 2019 lalu. Dari kerjasama itulah, mahasiswa UPI meminta Kota Tangerang untuk ikut kompetisi.

"Kota Tangerang dinilai memiliki karakteristik kepadatan penduduk dan suhu harian rata-rata yang juga cukup tinggi," sambung Arief yang ditemui di bantaran Sungai Cisadane pada27 Juli 2019. Dalam upaya pemkot Tangerang untuk menurunkan suhu harian rata-rata mendapatkan apresiasi dan terpilihlah sebagai finalis untuk kompetisi Million Cool Roofts dan akan diundang ke New York.

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Sementara itu, Kepala Seksi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Mesi Shinta Dewi yang menjadi salah satu tim dalam ajang tersebut menyebutkan, dengan masuk sebagai finalis ajang Million Cool Roofts, Kota Tangerang berhak atas dana sebesar USD 100.000 sebagai bentuk stimulan pelaksanaan proyek yang diberi nama Driving Climate Action to Combat Urban Heat Island @Coolroofs Tangerang.

Proyek ini akan difokuskan pada penelitian, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta penyediaan infrastruktur dalam upaya penurunan suhu mikro di Kota Tangerang. "Karena yang mengajukan adalah UPI, jadi nanti dananya dikelola oleh UPI untuk pelaksanaan pilot project-nya di Kota Tangerang," tutup Mesi.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.