Viral Video Vaksin Palsu, Pemkot Bekasi Itu Hoaks.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Masuk Asesment Level 1 PPKM

Kenormalan baru yang terus berjalan tidak menyurutkan perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk tetap fokus memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat di lingkungan Kota Tangerang. Di tengah proses beranjaknya kembalinnya semua aktivitas publik, kabar baik disandang Kota Tangerang setelah belum lama ini mendapat kepastian kelonggaran dengan memasuki level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bersumber dari Wali Kota Tangerang Arief R. Wirmansyah, Kota Tangerang berdasarkan asesment situasi COVID-19 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia per tanggal 26 Oktober 2021, beberapa hari kemarin, Kota Tangerang resmi memasuki kondisi level 1.

Perkembangan baik ini bukan tanpa alasan, menurut asesment Kemenkes, salah satu faktor pergantian level ke status yang lebih baik ini dikarenakan respon dan aksi penanggulangan angka kasus baru yang semakin langka. Menurut catatan yang dibagikan, transmisi komunitas tingkat 1, kasus konfirmasi COVID-19 terbaru, tercatat 1,10 persen, pasien rawat inap di rumah sakit 0,18 persen, serta kasus kematian hanya pada angka 0,04 persen.

“Kota Tangerang masuk level 1 penyebaran COVID-19 berdasarkan asesment Kementrian Kesehatan. Semoga hasil ini bisa dipertahankan terutama untuk tracing atau rasio kontak eratnya.” Ujar Wali Kota Tangerang, Arief R. Wirmansyah, Jumat, (29/10/2021).

Selama bulan Ramadan! Layanan Vaksinasi Lansia di Jakarta Utara 24 Jam.jpg

Tak hanya itu, tingkat kedisiplinan masyarakat Kota Tangerang yang tinggi juga turut mendukung perkembangan baik ini. Kegiatan protokol kesehatan berbasis 3T yang dilakukan Pemkot Tangerang terbilang cukup efektif sejauh ini.

“Kegiatan 3T yang dilakukan Dinas Kesehatan saat ini pun masuk kategori memadai dengan positivity rate testing 0,16 persen, rasio kontak erat konfirmasi per minggu 14,78 persen, dan treatment BOR per minggu 2,26 persen.” Lanjutnya.

[Baca Juga: Perkuat 5M dan 3T, Kota Medan Menuju PPKM Level II]

Selain itu, faktor terpenting yang menjadi penunjang perkembangan ini adalah pengadaan layanan vaksinasi yang masih terus diupayakan berjalan di berbagai tempat sampai saat ini. Pengadaan layanan vaksinasi yang tidak berhenti untuk terus mendukung capaian angka vaksinasi yang cukup tinggi. Sampai saat ini, pusat-pusat pelayanan publik termasuk RSUD, pusat-pusat kegiatan publik termasuk mall, dan lokasi-lokasi lain terus mengadakan vaksinasi untuk menjangkau masyarakat yang luput melakukan kegiatan vaksinasi sebelumnya.

“Capaian vaksinasi hingga tanggal 28 Oktober 2021 yakni 1.322.944 orang untuk dosis pertama, dan 938.545 untuk dosis kedua. Capaian dosis pertama sudah 89,4 persen dan dosis kedua sudah 63,4 persen. Dari target vaksinasi di Kota Tangerang yakni 1.479.301 orang.” Laporan yang dibagikan Dr. Anggraeni, Kepala Dinas Kesehatan, di kesempatan yang sama.

Vaksinasi COVID-19 di Jakarta Barat Terapkan Metode Jemput B ola.jpg

Terlebih, kini Kota Tangerang telah memasang aturan penerapan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi di 339 titik lokasi. Hal ini yang menjadi faktor lain pendukung kontrol ketat potensi penularan, sehingga angka kasus bisa terus ditekan sampai sejauh ini.

Beberapa faktor yang dijelaskan tersebut menjadi alasan dan pertimbangan bagi Kemenkes untuk menurunkan asesment level 1 PPKM bagi Kota Tangerang. Perkembangan baik ini menjadi barometer untuk terus menjaga kondisi serta membuka lebih luas akses aktivitas publik di Kota Tangerang.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.