TPA 1.jpeg

Kesehatan

Kota Tangerang Mulai Vaksinasi Komunitas Warga Pemulung

Kota Tangerang terus melakukan kerja kolektif dalam menuntaskan penanggulangan kasus COVID-19 di daerahnya. Setelah target vaksinasi bagi masyarakat umum yang sudah dalam tahap akhir untuk mencapai syarat terciptanya status herd immunity yang telah ditetapkan, terbaru segenap perangkat Kota Tangerang mulai melakukan proses vaksinasi bagi masyarakat rentan yang selama ini tidak terakomodasi karena tidak tercatat di database perihal status domisili.

Merealisasikan program tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan pihak perusahaan Danone Indonesia menyelenggarakan vaksinasi pertama kali untuk komunitas pemulung dan pelapak.

Tujuan diadakannya program ini selain untuk menuntaskan dan menyempurnakan capaian vaksinasi dalam menciptakan prioritas keamanan dan keselamatan Kota Tangerang, komunitas pemulung dan pelapak merupakan bagian dari masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam aktivitas masyarakat secara umum. Seperti aktivitas pengolahan sampah dan lalu-lalang di tempat umum.

TPA 2.jpeg

Dengan kapasitas dosis vaksinasi yang disediakan dalam jumlah yang cukup besar, yakni 500 dosis vaksin jenis Pfizer, program mulai dilaksanakan di TPA Rawa Kucing, per hari kemarin, Selasa 28 September 2021, dan akan terus diperbanyak di titik-titik lokasi lain yang sudah direncanakan.

“Berdasarkan hasil pendataan, ada 645 warga yang termasuk kelompok pemulung dan pelapak. Namun, setelag dilakukan screeaning, hanya ada 387 warga yang dapat melakukan vaksinasi pada hari ini. Sisanya tidak dapat mengikuti vaksinasi karena dalam keadaan tidak sehat dan sudah divaksin di wilayah masing-masing.” Ujar Tihar Sopian, Kepala DLH Kota Tangerang, saat meninjau pelaksaan di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang, Selasa (28/9/2021).

[Baca Juga: Terkini, Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Tangerang Capai 73,3 Persen]

Tidak hanya berupa pemberian fasilitas vaksinasi, kerja kolektif antara Pemkot Tangerang melalui Dinkes dan DLH Kota Tangerang bersama perusahaan Danone Indonesia juga memberikan bantuan paket sembako sebagi wujud komitmen penggantian waktu kerja yang tersita untuk mengikuti dan mensukseskan program vaksinasi.

“Danone Indonesia berkomitmen membantu pemerintah melakukan percepatan vaskinasi demi terwujudnya Indonesia sehat dan ekonomi kuat. Salah satu dukungan untuk pemerintah daerah dalam mensukseskan program vaksinasi. Pada kesempatan ini, kami juga memberikan bantuan sembako untuk seluruh peserta vaksin sebagai bentuk pengganti waktu kerja mereka yang hilang karena harus mengikuti vaksinasi.” Lanjut Karyanto Wibowo, Sustanaible Development Director Danone Indonesia, di agenda dan lokasi yang sama.

TPA 3.jpeg

Program vaksinasi yang menyasar komunitas pemulung dan pelapak yang diadakan di TPA Rawa Kucing ini merupakan pertama yang menyasar pihak masyarakat rentan di luar kategori masyarakat yang secara resmi berdomisili di Kota Tangerang. Selain itu, pemberian vaksinasi ini juga merupakan komitmen dalam merangkul dan memfasilitasi seluruh bagian dari masyarakat Kota Tangerang, termasuk para pendatang, pemulung, dan pelapak yang memang belum mendapatkan vaksinasi di daerahnya masing-masing.

Terlebih, aktivitas masyarakat yang sudah kembali normal, kepastian keamanan dan keselamatan di tempat umum menjadi fokus utama pencegahan agar tidak tercipta klaster kasus baru nantinya. Tak hanya itu, target yang menyasar komunitas pemulung dan pelapak ini akan terus diperluas hingga menyentuh komunitas-komunitas lain yang memiliki kondisi serupa, yakni sulit dalam menerima akses layanan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.