Kota Tangerang Raih Juara Dua Tingkat Nasional di Festival Pangan

Berita Kawasan

Kota Tangerang Raih Juara Dua Tingkat Nasional di Festival Pangan

Makanan utama orang Indonesia adalah nasi. Tak heran, permintaan beras di Indonesia terus meningkat sehingga menggeser sumber pangan Nusantara lainnya. Padahal, sumber pangan lain selain beras juga memiliki kandungan gizi yang sama baiknya dengan beras. Untuk menyebarluaskan informasi tentang potensi sumber pangan tersebut dan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang ke-39, Festival Pangan yang diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 3 November 2019.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 34 provinsi yang ada di Indonesia termasuk Kota Tangerang. Dari Festival Pangan itulah Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Tangerang kembali menorehkan prestasi. Kali ini, hasil binaan Dinas Ketahanan Pangan (DKP), PKK Kelurahan Nusajaya, Kecamatan Karawaci berhasil meraih juara dua pada Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Nasional 2019 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, seperti dilansir laman tangerangkota.go.id (04/11/2019).

[Baca Juga: Sosialisasi Ubah Pola Makan dengan Pangan B2SA]

PKK Nusajaya berhasil meraih juara dua tingkat Nasional dalam kategori umbi-umbian dengan nilai 81,72. Dalam perlombaan tersebut, PKK Nusajaya menyajikan menu mocafnasi, otak-otak gabus kecombrang, tahu selimut tempe, gulai pelangi dan salad buah caramel yang akhirnya mendapatkan juara kedua dari 34 Provinsi setelah PKK Kota Ambon yang jadi juaranya .

Untuk diketahui, mocaf merupakan tepung ubi kayu yang dimodifikasi sehingga berbentuk seperti butiran beras. Rasanya hampir sama dengan beras asli dan kandungan gizi dari mocaf tidak kalah dari beras asli. "Kreasi olahan pangan yang dihasilkan Provinsi Banten perwakilan Kota Tangerang berhasil menarik perhatian lidah para juri. Alhamdulillah kami mendapatkn trophy dan penghargaan sejumlah uang untuk kami terus meningkatkan kualitas," ungkap Ketua PKK Nusajaya Sri Suryani.

[Baca Juga: Bazar Produk Perikanan dan Olahan Pangan di Tangcity Mal]

Sementara itu, Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman, yang ikut mendampingi menuturkan rasa bangganya. Pada event ini, DKP juga membuka stan ketahanan pangan dengan produk urban farming. "Kami tim DKP melakukan pembinaan terkait pembibitan umbi-umbian, pengolahan serta membuka jaringan pemasaran. Di mana menu-menu tersebut nantinya diharapkan menjadi corong penghasilan ibu-ibu PKK Nusajaya," ucap Abduh.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.