Arkadia 3.jpg

Pendidikan

KPA Arkadia Hijaukan Kampus UIN Jakarta

Salah satu Unik Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bernama Kelompok Pecinta Alam (KPA) Arkadia UIN Jakarta sukses menggelar kegiatan menarik yang mengandung nilai dan pesan progresifitas. Menjalani keseharian dan tumbuh di lingkungan Kampus UIN Jakarta di Ciputat Kota Tangerang Selatan yang terkenal padat dan langka ruang terbuka hijau, turut memberikan kesadaran bagi anggota komunitas KPA Arkadia untuk menjalankan kegiatan yang membawa pesan positif bagi lingkungan sekitar.

Di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke 32, KPA Arkadia menggelar kegiatan bertema penghijauan di lingkungan kampus UIN Jakarta dengan konsep yang cukup menarik. Didukung beberapa komunitas lain yang membawa visi serupa, serta individu-individu yang turut meramaikan jalannya acara, KPA Arkadia melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman bibit pohon di berbagai titik kampus serta melakukan gowes sepeda sepanjang Ciputat-Bojongsari untuk mengkampanyekan peduli lingkungan, kemarin, Minggu, 17 Oktober 2021.

[Baca Juga: UIN Jakarta Pertimbangkan Rencana Kuliah Luring]

Komunitas mahasiswa yang identik dengan warna orennya tersebut, beserta 50 peserta lainnya bebarengan bersepeda dari Kampus 1 UIN Jakarta yang terletak di Ciputat, Kota Tangerang Selatan, menuju Gedung Kampus PPG UIN Jakarta yang terletak di Bojongsari, Kota Depok dengan membawa spirit dan pesan dan penyadaran peduli lingkungan. Bertajuk ‘UIN Jakarta Goes to Green Bike Campaign dan Nanam Bersama’, KPA Arkadia merangkul kepedulian sekaligus menyurakan kritik terhadap kebijakan kampus yang belum menunjukkan potensi prioritas terhadap penghijauan lingkungan sekitar, terlebih kampus menjadi salah satu harapan besar dalam memotori perubahan ke arah tatanan sosial yang lebih baik.

Arkadia 1.jpg

“Program ‘Green Campus’ sudah lama dikampanyekan (oleh pihak kampus), namun belum banyak direalisasikan. Jadi kami berinisiatif untuk membantu mewujudkan program tersebut.” Pernyataan singkat Muhammad Kamil Amirullah, Ketua KPA Arkadia.

Dari proses kegiatan yang dijalankan, KPA Arkadia melakukan inisiatif menanam 100 biji bohon di berbagai titik kampus yang dinilai masih minim adanya pepohonan dengan beragam jenis bibit pohon yang dipilih.

“Dalam program penanaman pohon tersebut, Arkadia telah menanam lebih dari 100 bibit pohon. Di Kampus PPG sebanyak 60 bibit pohon, sisanya ditanam di Kampus 1, Kampus 2, Kampus 3 Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, dan di Kampus 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis.” Lanjutnya.

Arkadia 2.jpg

Untuk jenis bibit pohon yang ditanam juga beragam. Masih menrut keterangan Muhammad Amil Kamirullah, Ketua KPA Arkadia, jenis-jenis bibit pohon tersebut meliputi jambu (psidium guajava), tabebuia (handroanthus chrysotrivhus), sirsak (annona muricata L), sengon (albizia chinensis), dan kelor (moringa oleifera).

Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi KPA Arkadia dan komunitas-komunitas lain untuk terus mengembangkan dan mendukung inisiatif penghijauan dan kepedulian lingkungan di sekitar Kampus UIN Jakarta. Sekaligus menjadi pemantik bagi kesadaran semua entitas untuk turut menjadi pionir dalam mewujudkan lingkungan kampus agar lebih hijau, nyaman, dan asri.


Read More

Kampus UIN Jakarta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

+62217401925
None

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.