KPAI Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan Covid-19 di Sekolah

Pendidikan

KPAI: Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan COVID-19 di Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi meniadakan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk seluruh jenjang pendidikan (24/3/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2 di Indonesia yang mengakibatkan pandemi COVID-19.

Langkah pemerintah tersebut pun mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut mendukung keputusan pemerintah tersebut. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, keputusan pemerintah ini sejalan dengan upaya perlindungan kepada anak-anak.

KPAI Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan Covid-19 di Sekolah

“Keputusan ini adalah upaya untuk melindungi anak-anak dan para guru dari penyebaran virus COVID-19. Tentu saja ini kebijakan yang perlu diapresiasi karena sejalan dengan kepentingan terbaik bagi anak,” kata Retno, dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/3/2020).

Dengan adanya peniadaan UN di tahun 2020 ini, KPAI pun mendorong jika anggaran pelaksanaan UN dapat dialihkan maka dapat diperuntukkan pada upaya untuk perlindungan sekolah dari COVID-19. Retno mengatakan jika memungkinkan anggaran tersebut dapat digunakan untuk melindungai warga sekolah bila nantinya aktivitas sekolah kembali diberlakukan.

[Baca Juga: UN Ditiadakan, Kemendikbud Siapkan Opsi Ini]

“KPAI mendorong pengalihan biaya UN (jika memungkinkan) dapat dialihkan pada upaya perlindungan sekolah dari virus Covid 19 melalui program penyemprotan disinfektan sekolah secara berkala, pengadaaan alat pengukur suhu badan dan sabun pencuci tangan. Ini dalam upaya melindungi warga sekolah jika sekolah kembali diaktifkan,” katanya.

KPAI pun berharap agar ke depannya pemerintah benar-benar meniadakan UN. Sebab, UN tak lagi menjadi penentu kelulusan siswa dan penentu masuk ke sekolah jenjang lebih tinggi.

[Baca Juga: Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan]

“KPAI berharap pemerintah benar-benar meniadakan bukan menggantikan dengan bentuk tes online yang dapat dikerjakan di rumah, namun benar-benar meniadakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri telah mengumumkan pada 14 Maret lalu untuk menunda pelaksanaan UN. Hal ini menyusul keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan seluruh aktivitas sekolah sebagai langkah untuk menekan penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.