KPAI Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan Covid-19 di Sekolah

Pendidikan

KPAI: Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan COVID-19 di Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi meniadakan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk seluruh jenjang pendidikan (24/3/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2 di Indonesia yang mengakibatkan pandemi COVID-19.

Langkah pemerintah tersebut pun mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut mendukung keputusan pemerintah tersebut. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, keputusan pemerintah ini sejalan dengan upaya perlindungan kepada anak-anak.

KPAI Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan Covid-19 di Sekolah

“Keputusan ini adalah upaya untuk melindungi anak-anak dan para guru dari penyebaran virus COVID-19. Tentu saja ini kebijakan yang perlu diapresiasi karena sejalan dengan kepentingan terbaik bagi anak,” kata Retno, dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/3/2020).

Dengan adanya peniadaan UN di tahun 2020 ini, KPAI pun mendorong jika anggaran pelaksanaan UN dapat dialihkan maka dapat diperuntukkan pada upaya untuk perlindungan sekolah dari COVID-19. Retno mengatakan jika memungkinkan anggaran tersebut dapat digunakan untuk melindungai warga sekolah bila nantinya aktivitas sekolah kembali diberlakukan.

[Baca Juga: UN Ditiadakan, Kemendikbud Siapkan Opsi Ini]

“KPAI mendorong pengalihan biaya UN (jika memungkinkan) dapat dialihkan pada upaya perlindungan sekolah dari virus Covid 19 melalui program penyemprotan disinfektan sekolah secara berkala, pengadaaan alat pengukur suhu badan dan sabun pencuci tangan. Ini dalam upaya melindungi warga sekolah jika sekolah kembali diaktifkan,” katanya.

KPAI pun berharap agar ke depannya pemerintah benar-benar meniadakan UN. Sebab, UN tak lagi menjadi penentu kelulusan siswa dan penentu masuk ke sekolah jenjang lebih tinggi.

[Baca Juga: Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan]

“KPAI berharap pemerintah benar-benar meniadakan bukan menggantikan dengan bentuk tes online yang dapat dikerjakan di rumah, namun benar-benar meniadakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri telah mengumumkan pada 14 Maret lalu untuk menunda pelaksanaan UN. Hal ini menyusul keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan seluruh aktivitas sekolah sebagai langkah untuk menekan penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.