KPPPA Pemda Perlu Perkuat Upaya Pencegahan Pelanggaran Hak Anak

Berita Kawasan

KPPPA: Pemda Perlu Perkuat Upaya Pencegahan Pelanggaran Hak Anak

Sejak tahun 2006, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengembangkan sistem Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Sistem yang telah direvitalisasi pada tahun 2010-2011 ini secara garis besar ditujukan untuk mewujudkan pembangunan kota yang memenuhi hak-hak anak. Caranya yakni dengan mengintegrasikan antara pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat hingga dunia usaha.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny N. Rosalin mengatakan agar adanya sinergi pada seluruh perangkat daerah demi mewujudkan KLA. Ia juga mengatakan bahwa perangkat daerah perlu lebih memperkuat upaya pencegahan pelanggaran hak anak dibandingkan penanganannya.

KPPPA Pemda Perlu Perkuat Upaya Pencegahan Pelanggaran Hak Anak

“Mewujudkan KLA merupakan tugas utama pemerintah daerah. Kita harus melakukan aksi nyata dengan menciptakan lingkungan layak anak demi mewujudkan SDM tangguh dan berkualitas di masa depan. Sinergi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, media massa, dan dunia usaha juga diperlukan untuk menjamin terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” kata Leny, dilansir dari siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (4/3/2020).

Adapun upaya pencegahan yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan advokasi dan sosialisasi kepada lembaga pengasuhan alternatif. Misalnya seperti TPA, pesantren, LPKA, panti asuhan, RS rawat inap, puskesmas, PAUD, dan lainnya.

[Baca Juga: Bertekad Suarakan Hak Anak, Nicholas Saputra Jadi Duta UNICEF]

Pada hasil evaluasi KLA tahun 2019, sebanyak 247 kabupaten/kota telah mendapatkan penghargaan KLA. 135 di antaranya mendapat predikat pratama, 86 madya, 23 nindya, dan 3 (tiga) utama.

Kendati demikian, diakui Leny masih ada tantangan yang dihadapi dalam proses mewujudkan KLA maupun dalam sistem evaluasi KLA. Dia menjelaskan seperti lemahnya koordinasi antar perangkat daerah yang terjadi di Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Barat. Di daerah tersebut katanya juga sering terjadi mutasi pejabat yang menangani substansi terkait.

[Baca Juga: Kota Depok Dapat Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak]

Selain masalah koordinasi, persoalan keterbatasan anggaran juga menjadi kendala yang dihadapi dalam mewujudkan KLA.

“Kami merupakan dinas dengan tugas dan fungsi sebatas koordinasi. Meskipun dapat bersinergi dengan dinas lainnya, kami tidak bisa bergerak semudah itu menggunakan anggaran dinas lain. Padahal entitas yang kita bangun adalah entitas terkecil sebuah bangsa yang bisa membangun peradaban. Kami harap ada perhatian dari pusat terkait hal ini,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.