KPUD Provinsi Jakarta Luncurkan Sekolah Antikorupsi

Pendidikan

KPUD Provinsi Jakarta Luncurkan Sekolah Antikorupsi

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKI Jakarta melaunching Sekolah Antikorupsi pada Rabu, 4 Maret 2020. Peluncuran Sekolah Antikorupsi ini merupakan inisiasi dari KPUD Provinsi DKI Jakarta yang disambut baik Indonesian Corruption Watch (ICW).

Lewat Sekolah Antikorupsi ini, KPU ingin meningkatkan kinerja lembaganya agar terhindar dari perilaku koruptif serta ingin membuat penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu bebas dari korupsi.

[Baca Juga: Depok Dukung Gerakan Masyarakat Pendidikan Anti Korupsi]

“Sekolah pemilu yang dilakukan oleh KPU Provinsi DKI untuk membuat kinerja lembaga ini terhindar dari perilaku koruptif baik ketua jajaran dan sekretariatnya, kami memberi apresiasi dan terimakasih kepada KPU Provinsi DKI yang menginisiasi terbentuknya sekolah Antikorupsi ini,” ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam sambutannya.

Arief berharap dengan adanya Sekolah Antikorupsi, tidak hanya mampu membuat jajaran KPU sadar tentang bahaya korupsi namun juga dapat memberikan pencerahan bagi para pelaku suap agar bisa sama-sama menjaga pemilu dari praktik kecurangan.

TEBET-PENDIDIKAN-MULAI TAHUN DEPAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Sebagai awalan, Sekolah Antikorupsi ini akan diikuti oleh seluruh anggota KPUD Provinsi DKI Jakarta tanpa terkecuali. Menurut Ketua KPUD Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos tidak menutup kemungkinan program ini nantinya dapat diikuti oleh KPU Provinsi lainnya di luar Jakarta. Bahan ajaran yang diajarkan pun nantinya akan diberikan via online maupun offline langsung dari para ahli di ICW.

Ada 3 isu yang akan dibahas dalam Sekolah Antikorupsi ini yakni pertama pengadaan barang dan jasa, kedua tentang laporan keuangan dan ketiga mengenai gratifikasi.

"Jadi hal-hal seperti itu yang nantinya akan diajarkan dimentori oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) kepada jajaran kami di KPU DKI," jelas Betty.

Betty menambahkan, program ini nantinya berjalan sesuai dengan silabus dan waktu tertentu dalam konsep yang telah dimiliki ICW itu sendiri.

[Baca Juga: Pemkot Bekasi Masuk 20 Besar Pencegahan Korupsi di Indonesia]

Peluncuran Sekolah Antikorupsi ini menjadi momen yang tepat setelah pada Pemilu sebelumnya nama KPU RI sempat tercoreng akibat ditangkapnya Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Wahyu ditangkap karena diduga menerima suap sebagai imbal pergantian antar waktu (PAW) kepada salah satu calon anggota legislatif PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.