Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Kecantikan dan Fashion

Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Erna Juliana dari Zamira Griya Cantik mendesain busana perempuan dengan mengusung tema “Soul Lutik” yang terinspirasi dari keindahan wastra Nusantara yaitu batik Cilacap dikombinasi dengan kain lurik Klaten. Bahkan desain busana “Soul Lutik” bisa dipakai pada banyak kesempatan dengan trend “Sprirituality.” Demikian penelusuran tim Redaksi PingPoint.co.id, Kamis (30/12/2021) di akun Instagram @zamiragriyacantik.

Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Bagi eRJe biasa Erna Juliana dipanggil, busana bertema “Soul Lutik” dipilih karena lurik dan batik selalu indah dieksplore menjadi desain yang cantik. Terlebih Kabupaten Cilacap yang berada di ujung Jawa Tengah (Jateng) menyimpan pesona yang tak kalah menarik dengan batik dari kota lain. Sebab, batik Cilacap mempunyai identitas khas yakni batik tulis Cilacap yang dikenal sebagai batik Maos. Batik Maos khas Cilacap muncul pada abad ke-18 mengandung makna dan sejarah yang dalam karena menampilkan sandi perang laskar Pangeran Diponegoro. Sedangkan pembuatan batik Maos menggunakan teknik pewarna alam.

[Baca Juga: “November Rain” Ala Batik Semarangan]

Batik Maos Cilacap memiliki pilihan warna klasik yang menjadi ciri khas batik tulis Maos yakni coklat, hitam, dan putih, serta warna- warna yang berani seperti biru, hijau, atau kuning. Namun dalam tema busana “Soul Lutik,” batik Cilacap yang ditampilkan adalah batik dengan warna cerah motif flora dan fauna yang banyak ditemui di Cilacap dan sekitarnya. Lalu, untuk kain lurik Klaten merupakan nama kain. Kata lurik sendiri berasal dari bahasa Jawa, lorek yang berarti garis- garis yang merupakan lambang kesederhanaan.

Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Pada dasarnya kain lurik hanya mempunyai satu motif saja yaitu garis. Motif dengan corak searah panjang disebut sebagai lajuran, motif yang searah dengan lebar kain disebut dengan pakan malang, sedangkan corak kotak- kotak kecil disebut dengan cacahan. Selain itu, tampilan dan tekstur kain lurik sangat bergantung pada jenis kain yang digunakan. Selanjutnya, ditangan eRJe batik Cilacap dikombinasi dengan kain lurik Klaten warna kontras dan senada.

Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Agar memberi kesan lebih dinamis busana “Soul Lutik” dibuat A line dan H line atau dua potongan terdiri dari celana dan blus tunik atau blazer. Untuk kesan lebih modis busana “Soul Lutik” dilengkapi dengan bolero warna kontras bahan sama. Seperti tampilan busana “Soul Lutik” di bawah ini di acara Jogya Fashion Week, menggunakan batik motif Wijayakusuma kombinasi wayang dan kawung yang dipadu padan dengan kain lurik warna hitam merah.

Kreasi Soul Lutik, Kombinasi Batik Cilacap Dengan Kain Lurik Klaten

Bagi Pointers yang ingin memesan sekaligus melihat koleksi dari Zamira Griya Batik bisa hubungi nomor WhatsApp 0812 2628 2698 atau bisa kunjungi langsung Zamira Griya Batik berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Kabupaten Cilacap. Zamira Griya Batik melayani custom dan ready to wear dress, gaun pengantin, jas pria dan perempuan, serta make up.


Read More

Zamira Griya Cantik

custom dan ready to wear dress, gaun pengantin, jas pria dan perempuan, serta make up

0812 2628 2698
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.