kolam selokanOK.jpg

Properti dan Solusi

Kreativitas Warga Jangli, Ubah Selokan Jadi Kolam Ikan

Selokan air umumnya digunakan untuk menyalurkan air pembuangan atau air hujan dan dialirkan ke suatu tempat. Air dalam selokan biasanya kotor, berbau bahkan terkadang selokan juga dipenuhi oleh sampah yang bisa menghambat aliran air. Namun pemandangan berbeda bisa kita lihat di Jalan Tamtama Timur I daerah Tembalang kota Semarang. Berlokasi di RT II RW I Saptamarga III Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang terdapat saluran air yang dimanfaatkan sedemikian rupa dan dipenuhi berbagai jenis ikan.

Selokan berisi ikan ini dikelola oleh Dasa Wisma (Dawis) atau sekelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 keluarga. Sekelompok ibu-ibu ini menyekat saluran air setiap sepuluh meter kemudian difiltrasi dan diisi sesuai jenis ikannya. Saluran air yang memanjang sekitar 150 meter tersebut dipenuhi berbagai jenis ikan konsumsi diantaranya ikan lele, ikan bawal, ikan nila, ikan gurame, hingga ikan koi yang diberi pakan setiap harinya oleh warga.

kolam selokanOK4.jpg

Salah seorang anggota Dawis mengatakan jika latar belakang adanya kolam ikan di dalam selokan ini bermula dari keresahan warga setempat dikarenakan penampakan selokan yang tidak sedap dipandang dan tampak kotor. Atas inisiatif warga, selokan kotor tersebut akhirnya diubah menjadi sebuah kolam ikan pada tahun 2020 lalu. Ternyata setelah beberapa waktu dipelihara, kolam ikan tersebut dapat menghasilkan ratusan kilogram ikan ketika dipanen. “Sebagian dikonsumsi, kemudian ada yang dijual, dan uangnya untuk membeli bibit dan pakan ikan,” ujar Suwarti salah satu anggota Dawis yang rutin memberi makan ikan di selokan.

Suwarti mengaku semenjak selokan ini dialih fungsikan sebagai kolam ikan, banyak warga yang berminat mengunjungi selokan ini setiap pagi dan sore hari. Selain sebagai sarana refreshing bagi warga, kolam ikan ini memiliki dampak yang positif bagi lingkungan karena bisa menginspirasi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran agar tidak membuang sampah di selokan. “Seringnya pagi saat pemberian makan ikan, orang-orang yang lewat sini, ada yang habis olahraga, atau sepulang kerja, mampir ke sini melihat ikan,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (21/7/2021).

Ia juga berharap agar pemanfaatan selokan sebagai kolam ikan dapat ditiru oleh kelompok ibu-ibu di daerah lain dengan membuat kolam ikan sejenis. Dengan adanya kolam ikan di dalam selokan ini tidak hanya mengubah kebiasaan warga untuk membuang sampah pada tempatnya namun juga dapat mengedukasi warga tentang ketahanan pangan di tengah pandemi melalui budidaya ikan di lahan terbatas.

kolam selokanOK2.jpg

Jono, salah satu warga yang melintas dan melihat keberadaan kolam ikan di dalam selokan ini memberi respon yang positif karena dengan adanya kolam tersebut mengingatkan dirinya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Kesan selokan yang jorok dan kotor seketika terkikis dengan keberadaan kolam ikan ini. Jonopun berharap agar pemerintah memberi perhatian lebih terhadap kreativitas masyarakat semacam ini. “Ini harus tahu dinas pariwisata, biar bisa dikembangkan lagi untuk ke depannya,” ujar Jono yang merupakan warga Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari saat melintas dengan sepedanya.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.