Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meminta agar keberadaan Krematorium Yayasan Wahana Mulia Abadi tidak diperuntukan hanya untuk warga Kota Yogyakarta saja, tapi juga seluruh warga masyarakat dari luar kota. "Tentunya dibarengi dengan harga yang murah dan fasilitas yang baik," ujar Wali Kota ketika meninjau alat kremasi baru yang ada di lokasi seperti diberitakan kotajogja.go.id (26/1/2021).

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

Alat kremasi yang dimiliki Yayasan Wahana Mulia Abadi tersebut dinilai telah ramah lingkungan dibanding alat sebelumnya. "Untuk alat kremasi yang baru ini lebih ramah lingkungan karena mengeluarkan asap pembakaran yang sedikit, jauh lebih sedikit dibandingkan alat yang dulu," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan pengecekan setiap tiga bulan sekali untuk mengetahui kadar polusi dari alat tersebut. "Saya akan minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta melakukan pengecekan tiap tiga bulan sekali untuk memastikan gas buang dari alat kremasi tersebut," tegasnya.

[Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan]

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Sementara itu Ketua Yayasan Wahana Mulia Abadi Suryana mengatakan, jika krematorium tersebut sempat tidak digunakan selama 1,5 tahun. "Selama itu, kami membongkar alat kremasi yang semula masih dengan pembakaran manual, namun sekarang semua sudah elektrik dan tentu saja ramah lingkungan," katanya.

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

Dengan adanya mesin baru ini, katanya, warga sekitar pun menyambut baik karena mereka tidak terganggu lagi dengan asap yang di keluarkan dari alat tersebut. "Dulu memang sedikit banyak mengganggu warga, tapi sekarang warga sudah oke," jelasnya.

Saat ditanya biaya untuk mengkremasikan jenazah di tempat tersebut, Suryana mengaku jika tarifnya sekitar Rp2 juta Rupiah. "Tapi itu tarif lama, yang masih menggunakan alat lama, dan juga dulu tempatnya belum senyaman ini, untuk sekarang masih belum ditentukan tarifnya," bebernya.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 month lalu
    emma

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    QQHarian Games Best Online Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuy Gabung & Dapatkan WELCOME BONUS 100% FULL DI DEPAN ( Bonus 100% DI AWAL / DI DEPAN ) Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : - ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :D - https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D - http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )