Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker

Berita Kawasan

Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker

Sesuai Ingub 65 tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran, pemerintah melalui Suku Dinas Penganggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat akan mendata beberapa rumah dan lokasi yang rawan kebakaran. Rumah atau lokasi yang berpotensi terjadi kebakaran, akan ditempelkan stiker dengan tulisan, rumah waspada kebakaran.

Melansir laman pusat.jakarta.go.id (06/09/2019). Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Hardisiswan menjelaskan tentang kriteria rumah rawan kebakaran. Sebelumnya dilakukan pendataan untuk menentukan rumah warga rawan kebakaran atau tidak.

Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker

Pendataan tersebut akan dilakukan Dasa Wisma yang sudah dibekali formulir penilaian. Formulir itu akan dipakai Dasa Wisma untuk mengecek dan mendata rumah warga yang rawan kebakaran atau tidak. Pendataan yang dilakukan Dasa Wisma ini pun akan dinilai dengan 10 kriteria penilaian. “Jika nilainya 100, maka rumah tersebut bebas dari bahaya kebakaran, tapi jika nilainya di bawah 80 maka rumah itu rawan kebakaran dan harus ditempel stiker,” ujar Hardisiswan.

[Baca Juga: Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran]

Ada 10 kriteria penilaian rumah yang dinilai Dasa Wisma meliputi:

  1. Tabung gas harus berada di tempat yang tepat dengan sirkulasi udara yang baik
  2. Selang gas tidak tertindih atau tertekuk
  3. Tidak menumpuk stecker listrik saat mengunakan listrik, dan lainnya.

Hardisiswan menyatakan penilaian rumah yang rawan kebakaran atau tidak, nantinya akan didata berapa banyak rumah yang rawan kebakaran dari tingkat RT sampai kelurahan sesuai dengan lokasi yang dinilai. “Jadi jika ada 20 persen rumah di tingkat RT rawan kebakaran kita akan pasang stiker RT rawan kebakaran. Kemudian jika meluas hingga ke RW dan Kelurahan kita juga pasang stiker rawan di tingkat RW dan kelurahan,” paparnya.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Waspada Bahaya Kebakaran]

Hardisiswan menegaskan, dari hasil pendataan kader Dasa Wisma nanti dibuat peta wilayah rawan kebakaran yang telah dipasang di tiap pos pemadam kebakaran. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi potensi dan kerawanan wilayah yang mudah terbakar. “Jadi petugas sudah tahu wilayah mana yang rawan kebakaran, sehingga bisa langsung ditangani,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.