KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Berita Kawasan

KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Perkembangan kasus pandemi COVID-19 di Indonesia nyaris menyentuh angka 10.000 kasus. Melalui situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan per Rabu (29/4/2020) sebanyak 9.771 warga Indonesia positif terpapar virus SARS-CoV-2, sebanyak 1.391 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 784 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Dari jumlah keseluruhan angka kasus positif COVID-19, hampir setengahnya disumbang Provinsi DKI Jakarta. Tercatat, 4.092 warga Ibu Kota positif terinfeksi. Sementara, jumlah pasien sembuh mencapai 440 orang, dan 370 orang meninggal dunia.

[Baca Juga: BUMD Bahu-membahu Bantu Pemprov pada Masa PSBB Jakarta]

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) adalah kebijakan yang telah diterapkan Pemprov DKI Jakarta sejak periode 10-14 April lalu diperpanjang 28 hari hingga 22 Mei 2020 mendatang. Data di lapangan menunjukan bahwa PSBB mampu membuat menghasilkan tren penurunan terhadap laju penyebaran COVID-19. Namun muncul masalah baru lainnya, yakni soal pemenuhan kebutuhan warga Jakarta yang tak bisa mencari nafkah akibat kebijakan PSBB. Lalu apa solusinya?

KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Gubernur Anies Baswedan mengajak seluruh pengusaha multinasional dan asosiasi bisnis turut serta memberikan bantuan kepada warga Jakarta. Lebih lanjut, seruan ini dijadikannya menjadi sebuah program kerja Pemprov berjuluk Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSSB).

Sementara itu, Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha memaparkan langkah untuk bergabung dalam KSBB menjadi kolaborator Pemprov DKI Jakarta, sebagai berikut:

  1. Akses situs corona.jakarta.go.id/plaform-ksbb.
  2. Untuk ikut memberi bantuan, pengguna bisa memilih Peta KSBB dari menu KSBB. Kemudian, di dalam peta, pilih target penerima bantuan yang hendak dibantu (RW, Panti, Pesantren, dan lainnya).
  3. Isi formulir komitmen dengan estimasi bantuan yang ingin diberikan, seperti jenis, jumlah, dan jangka waktu. Lalu, submit komitmen bantuan. Masyarakat akan mendapatkan kontak penanggung jawab lokasi yang dituju. Segera hubungi dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam dan koordinasikan rencana penyaluran bantuan.
  4. Penyaluran di lapangan untuk jenis bantuan Makanan Siap Saji harus diantarkan secara langsung dengan koordinasi realisasi bantuan melalui RW.
  5. Jika sudah menyalurkan bantuan, kolaborator harap menyampaikan konfirmasi penyaluran bantuan ke dalam sistem, dengan mengisi formulir realisasi penyaluran (gambar search box Laporkan Penyaluran Donasi). Informasi ini akan menjadi informasi publik yang dilaporkan secara berkala.

KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Terkait itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menjelaskan, KSBB merupakan gerakan membantu sesama dengan mewujudkan semangat kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat di masa PSBB. Untuk urusan teknis, sambung dia, peran pengurus RT dan RW sangat diperlukan untuk mengkoordinir para donatur di wilayahnya yang ingin membantu menyumbang. Menurut Penghitungannya, di wilayah Jakarta Selatan terdapat sekitar 6.076 RW.

[Baca Juga: Belasan BUMD Bersatu Atasi Persoalan COVID-19 di Jakarta]

Lebih lanjut dia mengatakan, bagi jajaran di tingkat kelurahan dan kecamatan diminta aktif untuk sosialisasikan program ini kepada warganya di wilayah masing-masing. “KSBB dikhususkan bagi warga yang rentan miskin di lingkungan RW, panti sosial asuhan anak, panti sosial lanjut usia, pesantren, panti disabilitas dan lainnya,” tuturnya, dilansir beritajakarta.id, Rabu (29/4/2020).

KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Ada pun jenis bantuan yang disalurkan dalam program ini, menurut Isnawa, berupa makanan harian dengan estimasi biaya Rp 45.000/orang. Selain itu ada paket sembako dengan estimasi biaya Rp 200.000/ Kepala Keluarga (KK) tiap pekan. Terakhir ada bantuan paket sembako Lebaran dengan estimasi biaya Rp 85.000 dan uang Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp 50.000/orang.

"Pendistribusian bantuan KSBB dibagi empat fase. Fase pertama dari 24 hingga 30 April, fase kedua dari 1 hingga 7 Mei, fase ketiga dari 8 hingga 14 Mei dan fase keempat dari 15 hingga 23 Mei 2020," terangnya.

KSBB, Solusi Persoalan Pangan Warga Jakarta Selama PSBB

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan, program ini adalah panggilan terbuka untuk bersatu melawan Covid-19 di DKI Jakarta selama bulan Ramadan. Tujuannya mempertemukan masyarakat yang ingin memberi dan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Program ini dapat diakses melalui situs corona.jakarta.go.id/kssb.

"Program KSBB ini ditujukan kepada unit atau lembaga, seperti RW rentan, Panti Sosial Asuhan Anak, Panti Sosial bagi Lanjut Usia, Panti Sosial Disabilitas, Pesantren, dan lokasi prioritas potensial lainnya," ujar Atika, seperti diberitakan merdeka.com (29/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.