Kuatkan Citra Kota Sastra Dunia, Anies Siap Hadirkan Taman Literasi.jpg

Berita Kawasan

Kuatkan Citra Kota Sastra Dunia, Anies Siap Hadirkan Taman Literasi

Unsur budaya literasi tampaknya akan semakin diperkuat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Ibu Kota. Dorongan ini bisa dilihat dari penunjukkan Jakarta sebagai tuan rumah perhelatan Kongres Asosiasi Penerbit Internasional yang direncanakan digelar pada November 2022 dan baru-baru ini pengumuman dari Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO yang mendeklarasikan Jakarta masuk ke salah satu dafta Kota Sastra Dunia. Hal ini semakin mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghadirkan Taman Literasi.

Pencanangan Taman Literasi ini sebenarnya sudah diumumkan sejak 28 Oktober 2021 dengan Pemprov DKI berkolaborasi dengan Tim Jakarta Kota Buku dan PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ). Di mana yang dipilih untuk pendirian Taman Literasi ini adalah di Taman Martha Christina Tiahahu yang tepat berlokasi di dekat M Bloc Jakarta Selatan. Dengan Anies yang bervisi bahwa taman ini akan menjadi wadah tempat berinteraksinya para pegiat literasi.

Kuatkan Citra Kota Sastra Dunia, Anies Siap Hadirkan Taman Liter asi.jpg

“Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini akan menjadi titik penting pertemuan para pegiat literasi, pekerja perbukuan, pekerja kreatif, dan tidak ketinggalan para budayawan dan seniman. Di sini akan berkumpul energi kreatif untuk memajukan dan meningkatkan kualitas warga Jakarta. Ini akan menjadi ruang ketiga yang sangat menarik. Beragam kegiatan terkait literasi dan perbukuan akan hadir di sini," ujar Anies Baswedan, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (11/11/2021).

Selain itu, Taman Literasi di area Blok M Jakarta itu juga disebut Anies sebagai bentuk bagaimana Pemprov DKI Jakarta peduli kepada industri perbukuan. Karena ia memahami bagaimana pelaku industri ini memiliki idealismenya sendiri dan Anies ingin fasilitas di sini dapat menjadi faktor pendorong terhadap industri ini.

[Baca Juga: Resmikan Rumah Literasi Jakarta, Ini Harapan Wagub Ariza]

Menariknya, ide pembangunan Taman Literasi ini sebenarnya terbentuk jauh sebelum pengumuman Jakarta masuk sebagai Kota Sastra Dunia UNESCO. Pasalnya, ide ini muncul beberapa tahun yang lalu dan dicanangkan oleh Ketua Komite Buku Nasional periode 2015-2019 Laura Bangun Prinsloo. Di mana Laura ingin Ibu Kota memiliki ruang publik yang memang berhubungan dengan perbukuan sehingga para pelaku industri penerbitan bisa menyelenggarakan kegiatan di sini dan masyarakat juga bisa membaca berbagai buku yang ada di sini.

Hal ini direspons positif oleh Anies pada Agustus 2019 dan dari sinilah ide Taman Literasi mulai terbentuk dengan rencananya pembangunannya pada Maret 2020. Walau pembangunannya sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 tapi dengan situasi sekarang yang lebih baik serta terpilihnya Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia, pembangunan Taman Literasi ini semakin didorong pengerjaannya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.