ads
MATRAMAN_PENDIDIKAN_KULIAH JARAK JAUH DI UT RAWAMANGUN PILIHAN BAGI ANDA YANG SIBUK_OCI_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Kuliah Jarak Jauh di UT Rawamangun Pilihan Bagi Anda yang Sibuk

Universitas Terbuka atau UT Rawamangun adalah universitas negeri satu-satunya yang memiliki cabang di banyak provinsi di Indonesia. Didirikan pada tahun 1984, jangan heran kalau di Pulau Jawa ini kamu bisa menemukan banyak sekali cabang UT. Beberapa di Antaranya ada di Jakarta, Bogor, dan Tangerang.

Disebut Universitas Yerbuka, bukan karena kuliahnya tidak di gedung. Namun, karena para mahasiswa bisa belajar di mana saja. Dan kebanyakan dengan cara pendidikan jarak jauh atau PJJ. Inilah nilai plus dari cara belajarnya, yang sekaligus bisa juga jadi nilai minus. Plusnya adalah karena para mahasiswanya bisa belajar di rumah atau di warnet yang penting ada koneksi internet. Dengan demikian, kesibukan mengurus anak atau kesibukan di kantor tidak mengurangi kesempatan Anda mengenyam pendidikan lebih tinggi.

Lewat internet, para mahasiswa Universitas Terbuka bisa saling berinteraksi dan berdiskusi lewat situs student.ut.ac.id, di dalam situs tersebut para mahasiswa juga diberikan materi sesuai dengan mata kuliah dan jurusan yang diambil mahasiswa Universitas Terbuka.

[Baca Juga : Ingin Kuliah Sambil Bekerja? Coba di Universitas Mercubuana]

Plus Minus

Bagi orang yang berjiwa bebas dan memiliki segudang kesibukan, cara belajar di Universitas Terbuka ini cocok. Nilai minusnya bagi orang yang malas dan belajarnya harus disuruh atau ditemani dengan berkumpul, maka lupakan saja UT. Lulus di UT bagi teman-teman yang tidak bisa belajar mandiri adalah hal yang mustahil.

Berdasarkan pengalaman mahasiswa Pascasarjana di UT, selain menghadiri kuliah daring, tantangan terberat adalah untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Jika kesulitan, UT masih menyediakan kelas tatap muka dan ujian langsung. Lokasinya tidak selalu di UT Rawamangun yang merupakan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Jakarta, tapi bisa kampus lain atau di gedung perkantoran.

UT Rawamangun atau UPBJJ Jakarta sendiri merupakan tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik. UPBJJ-UT Jakarta mempunyai tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh.

Pertimbangan Lain

Sebelum mengambil keputusan untuk mengikuti perkuliahan di UT, Anda sebaiknya mengetahui sedikit gambaran perkuliahannya. Berdasarkan pengalaman salah satu mahasiswa, syarat untuk mendapatkan nilai B ke atas adalah dengan hadir di kelas tatap muka minimal lima kali dalam satu semester.

Selain itu ada yang namanya POKJAR alias kelompok belajar. Biasanya kelompok belajar ini dibentuk oleh para mahasiswa UT dan dibuat atas prakarsa inisiatif mereka. Cara belajar kelompok ini sangat fleksibel, Anda pun tidak terkekang dengan harus selalu datang ke kampus. Namun, di sisi lain Anda harus aktif dalam mencari informasi dan menjalin komunikasi dengan teman-teman kuliah lain untuk saling berbagi.

[Baca Juga : Kelas Terbuka Belajar Biola di Taman Suropati Menteng]

Selain tentang perkuliahan, pertimbangan utama biasanya menyangkut biaya. Biaya perkuliahan di Universitas terbuka tergolong murah, karena para mahasiswanya tidak diminta untuk membayar serangkaian ongkos uang gedung, sumbangan paksa sukarela, dan lain-lainnya. Untuk biaya kuliah di UT, hanya membayar biaya SKS plus biaya kelas tatap muka saja.

Biayanya yang murah tersebut bisa jadi nilai plus buat UT. Namun, ternyata biaya murah juga akan jadi nilai minus. Karena saking murahnya, sebagian orang menganggap remeh kuliah di UT atau merasa tidak rugi jika harus mengulang semester.

UT mempunyai empat fakultas yang bisa dipilih, yaitu FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), FE (Fakultas Ekonomi), FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), FHISIP (Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Jenjang pendidikan yang tersedia mulai Diploma, Sarjana, dan sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi UT Rawamangun atau UPT UPBJJ UT-JAKARTA yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 43 (By Pass) Kel. Utan Kayu, Kec. Matraman, Jakarta Timur. Atau jika ingin lebih lengkap dan praktis, bisa kunjungi laman Jakarta.ut.ac.id. Tidak ada kata sibuk dan terlambat dalam mengejar ilmu.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads