Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities

Kuliner

Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities

Mie kocok, batagor, dan kupat tahu menjadi tiga kuliner favorit yang membawa Kota Bandung masuk ke peringkat ketujuh Best Traditional Food Cities dalam ajang TasteAtlas Awards 2020. TasteAtlas adalah situs berbasis di Kroasia yang membuat survei tentang kota yang menyajikan makanan tradisional terbaik di dunia.

TasteAtlas berisi hampir 20.000 hidangan, minuman, dan bahan serta hampir 15.000 restoran, dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri dari 30 penulis dan peneliti. Menurut sejumlah kritikus restoran profesional dan 63.402 suara yang masuk, Kota Bandung menduduki peringkat ke-7 di dunia sebagai kota destinasi wisata kuliner untuk versi makanan tradisional.

Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities

Dalam ajang bergengsi tersebut, Kota Bandung bersanding dengan Paris, Rome, Buenos Aires, Istanbul, Mexico City, dan Kyoto. Bahkan Kota Bandung berada di peringkat lebih unggul dari Naples, Melbourne, Lisbon, Beirut, New Delhi, Bangalore, Bangkok, Mumbai, dan Hongkong.

Atas pencapaian tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengucap syukur. Menurutnya penghargaan tersebut bisa menambah brand Kota Bandung, mengingat saat ini Kota Bandung sudah dikenal sebagai surganya kuliner. "Alhamdulillah, mudah-mudahan makanan tradisional kita menjadi brand untuk Kota Bandung. Wajar kalau di Bandung itu kota kuliner," ungkapnya di Pendopo Kota Bandung seperti diberitakan humas.bandung.go.id (19/2/2021).

[Baca Juga: Bekal Pantun dan Logal Kental Video Promo Odading Mang Oleh Bikin Pembeli Antre]

Bahkan, dirinya mengakui seringkali memperkenalkan makanan-makanan tradisional kepada para tamu yang berasal dari luar Kota Bandung. Ia pun seringkali meminta mereka tak meninggalkan Bandung sebelum mencicipi makanan khas Kota Kembang itu. "Mang Oded sering sampaikan sambil bercanda, di Bandung mah makanan cuma ada dua macam yaitu makanan enak dan enak sekali," tuturnya.

"Cicipi semua makanan khas Bandung, dan jangan pulang dulu sebelum habis. Di Pendopo, makanan tradisional yang sering diperkenalkan yaitu kue-kue basah seperti dadar gulung," dia menekankan.

Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities

Selain tiga jenis makanan tradisional Kota Bandung yang menjadi favorit, seperti yang dikutip dari situs tasteatlas.com, ada pula daftar restoran autentik terbaik yaitu Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit, dan Cireng Cipaganti.

Situs tersebut mendeskripsikan mie kocok sebagai sup aromatik yang memadukan irisan daging sapi, jeroan sapi, atau bakso dengan mie kuning dan pelengkap lainnya seperti kerupuk, tauge, irisan daun bawang, dan bawang merah goreng.

Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities

Batagor dikatakan sebagai jajanan paling terkenal berupa pangsit ikan goreng yang disajikan dengan kuah tradisional berbumbu pedas. Mereka menuliskan, kudapan ini mengingatkan pada pangsit meskipun kemudian pengolahannya digoreng, bukan dikukus.

Sementara itu, kupat tahu dideskripsikan sebagai kuliner yang terdiri dari ketupat (sejenis lontong) dan tahu dengan bumbu kacang ditambah dengan tauge dengan bumbu yang diolah dari cabai, kacang tanah, bawang putih, gula merah, air, kecap manis, kecap manis. Kuliner yang biasa menjadi menu sarapan ini bisa pula ditambah air jeruk nipis dan diberi hiasan kerupuk udang.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.