Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan

Kuliner

Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan

Apakah Anda tahu makanan dan minuman apa saja yang hanya bisa sering ditemukan saat bulan Ramadan? Dan tentunya kuliner khas Ramadan ini menjadi buruan saat sudah memasuki bulan puasa. Karena tidak sedikit orang yang merindukan makanan dan minuman yang biasa hadir hanya di bulan puasa. Makanan apa saja yang menjadi sulit ditemukan ketika bulan puasa telah berlalu?

Berikut daftar makanan dan minuman khas Ramadan yang selalu dirindunkan sehingga menjadi buruan orang-orang yang ingin berbuka puasa yang dirangkum Pingpoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

1. Kolak

Kolak menjadi salah satu kuliner yang sangat mudah ditemui hanya pada saat bulan puasa. Jika bulan Ramadan berakhir, jarang sekali para pedagang makanan dan minuman yang menjual kolak. Bahkan, penjual takjil yang menjajakan ragam makanan dan minumannya juga tidak sedikit yang tidak ada lagi di tempat dagangnya saat bulan puasa.

Sejak dulu, kolak sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa. Sehingga, tidak heran jika kolak banyak dijual hanya di bulan Ramadan. Kolak yang paling sering dijual, dan dikenal banyak orang adalah kolak pisang. Namun, sebenarnya kolak juga bisa dibuat dengan memasukkan ubi, labu atau singkong sebagai isi dari minuman yang sangat manis ini.

2. Es Timun Suri

Salah satu minuman es ini juga selalu banyak diminati saat bulan Ramadan. Bahkan, buah timun suri pun sangat jarang ditemui selain di bulan puasa. Timun suri yang disajikan dengan es, sirup dan susu kental manis tentu sangat dirindukan hampir semua umat muslim, terlebih ketika setelah berpuasa. Menikmati minuman es dari timun suri akan terasa begitu segar ketika dinikmati saat berbuka puasa.

[Baca Juga: 3 Destinasi Berburu Takjil Enak dan Murah di Jakarta Pusat]

3. Es Blewah

Selain buah timun suri, blewah juga menjadi salah satu buah yang hanya bisa ditemui di berbagai penjual buah saat bulan Ramadan. Tidak jarang pula penjual es menjajakan es blewah sebagai salah satu dagangannya. Es blewah juga menjadi pilihan banyak orang untuk menemani berbagai menu buka puasa.

4. Kurma

Meskipun kurma juga bisa dijumpai di berbagai toko di pasaran selain di bulan Ramadan, tetapi ketika bulan puasa kurma menjadi idola umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Sehingga, saat bulan puasa banyak orang juga yang menawarkan buah kurma baik membuka lapak hingga melalui online.

5. Pacar Cina

Makanan yang satu ini juga seringkali dirindukan. Sehingga banyak penjual takjil yang juga menjajakan pacar cina. Rasanya yang manis, jika dimakan dengan ditambah es tentu akan sangat segar bila dinikmati saat berbuka puasa.

[Baca Juga: PD Pasar Jaya Adakan Bazar Pangan Ramadan di Pasar Santa]

Dari kelima daftar makanan dan minuman di atas, mana kah yang paling Anda rindukan saat bulan Ramadan? Atau adakah makanan atau minuman khas Ramadhan lainnya yang jadi favorit Anda?

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.