Kulit Bruntusan Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya

Kecantikan dan Fashion

Kulit Bruntusan? Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya

Saat mencuci wajah, Anda merasakan ada benjolan kecil di daerah jidat atau dagu dengan jumlah yang banyak dan berdekatan? Benjolan kecil tersebut lebih umum disebut dengan bruntusan. Jerawat yang muncul berkelompok ini biasanya lebih susah dihilangkan dibanding jenis jerawat lainnya. Apalagi jika Anda menanganginya dengan tidak tepat bisa makin menyebar dan membuat kesehatan kulit wajah makin memburuk.

Bruntusan atau closed comedo pada dasarnya mirip dengan jerawat lainnya yang muncul akibat sel kulit mati, minyak, bakteri, kotoran yang terjebak dalam pori-pori kulit. Kotoran yang mengendap ini yang jadi cikal bakal munculnya jerawat atau bruntusan, namun selain wajah yang kotor apalagi penyebab bruntusan? Ada baiknya Anda mengetahui sebab-sebab bruntusan agar bisa dihindari dan bisa teratasi dengan baik.

[Baca Juga: Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memencet Jerawat]

Merangkum dari berbagai sumber (24/7/2019) inilah beberapa alasan bruntusan yang harus Anda ketahui.

1. Pemakaian Skincare yang Tidak Tepat

Tak semua produk perawatan kulit cocok di kulit Anda. kebutuhan dan kondisi kulit yang berbeda membuat kandungan pada produk kecantikan dibuat berbeda-beda. Maka dari itu, untuk mendapatkan produk perawatan yang tepat untuk kulit Anda perlu melewati proses trial and error berkali-kali, sembari memahami kandungan skincare yang baik untuk Anda maupun yang harus dihindari.

Pada beberapa kulit kandungan saliculic acid, paraben, alkohol, isopropyl isostearatem sodium lauryl sulfate (SLS) mungkin menyebabkan bruntusan. Bagi Anda yang memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak hindari penggunaan produk perawatan kulit yang dapat menyumbat komedo.

2. Benda yang Kotor

Jangan sampai lupa mengganti seprai, sarung bantal, dan guling secara rutin maksimal satu minggu sekali. Pasalnya, kotoran yang hinggap di seprai bisa jadi penyebab bruntusan Anda muncul dan sulit dihilangkan. Perhatikan pula pemakaian topi dan helm, pastikan kedua benda tersebut bersih dan rajin dibersihkan.

[Baca Juga: Miliki Kulit Mulus Bebas Jerawat dengan 3 Perawatan Ini]

3. Hormon

Faktor ini merupakan salah satu faktor umum yang jadi pemicu tumbuhnya bruntusan, terlebih lagi wanita sangat wajar mengalami perubahan hormon cepat dan signifikan khususnya pada masa puber, menstruasi, masa kehamilan, dan saat mengonsumsi pil KB.

Itulah beberapa penyebab bruntusan yang umum terjadi. Setelah menangani ketiga sebab tersebut, Anda bisa mencari produk perawatan yang tepat dan rajin gunakan masker.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.