Kunjungan ke Museum & Berbagai Destinasi Wisata Gratis di Hari Pemilu

Berita Kawasan

Kunjungan ke Museum dan Destinasi Wisata Gratis pada Pemilu 2019

Pemilu 2019 dilaksanakan 19 April 2019 serentak di seluruh Indonesia. Menjelang Pemilu 2019, sudah banyak yang gencar mempublikasikan promosi untuk setiap warga yang menggunakan hak pilihnya di berbagai toko pakaian, tempat makan dan lainnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta juga memberikan keistimewaan bagi masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019. Keistimewaan tersebut adalah dengan menggratiskan kunjungan ke museum dan sejumlah destinasi wisata.

Kunjungan ke Museum & Berbagai Destinasi Wisata Gratis di Hari Pemilu

Mengutip beritajakarta.id (16/4/2019), museum dan destinasi wisata DKI Jakarta yang digratiskan di hari pelaksanaan Pemilu antara lain.

  • Museum Sejarah Jakarta
  • Museum Joang 45
  • Museum MH Thamrin
  • Museum Prasasti
  • Museum Seni Rupa dan Keramik
  • Museum Wayang
  • Museum Tekstil
  • Museum Bahari
  • Monumen Nasional (Monas)
  • Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
  • Planetarium, Taman Arkeologi Onrust
  • Rumah si Pitung Marunda
  • Anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah

Kepala Disparbud DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2019 tentang Pelayanan Tempat Wisata Sehubungan Dengan Hari Libur Pemilihan Umum Tahun 2019.

[Baca Juga: Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta]

"Museum dan destinasi wisata kita buka pada pukul 13.00. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoblos terlebih dahulu," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (16/4/2019).

Masyarakat cukup menunjukkan jari yang bertinta ungu sebagai bukti sudah menggunakan hak pemilu agar bisa masuk museum atau destinasi wisata di Jakarta. Edy mengatakan, tujuan digratiskan adalah untuk memfasilitasi warga yang ingin memanfaatkan waktu libur dengan rekreasi dan wisata edukasi ke museum atau tempat wisata.

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Para Kepala Unit Pengelola juga di instruksikan untuk melakukan bimbingan dan pengawasan agar memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan. "Lakukan mekanisme sesuai kebutuhan dan langkah antisipatif agar tidak terjadi antrean panjang," ucapnya.

Sementara, Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Munjirin mengutarakan, pengunjung yang ikut mencoblos digratiskan masuk ke area museum, ruang kemerdekaan, sampai cawan. Namun, untuk ke Puncak Tugu Monas tetap dikenakan tarif Rp10.000 untuk dewasa, Rp2.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk mahasiswa.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.