Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak.jpg

Berita Kawasan

Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak?

Apa jadinya jika Anda jarang memeriksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan? Selain bisa terkena gejala penyakit, hewan Anda juga bisa terkena penyakit psikologis, yakni stres.

Kesadaran terhadap kesejahteraan hewan (kesrawan) khususnya untuk pemilik dan pecinta hewan, harus terus ditingkatkan. Kesadaran yang terus dibangun nantinya akan mendorong pemilik peliharaan untuk terbiasa membuat kualitas hidup yang baik bagi hewan kesayangan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

Ada lima poin kebebasan dalam Kesejahteraan Hewan yang diakui secara internasional, yakni bebas dari lapar dan haus, bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa takut dan bebas untuk mengekspresikan tingkah laku.

Menggarisbawahi poin nomor dua bahwa hewan harus bebas dari rasa sakit, dan cedera. Anda sebagai pemilik peliharaan harus mengetahui betul-betul apa yang sedang dibutuhkan peliharaan.

Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan hewan peliharaannya adalah salah satu alasan pentingnya Anda membawa hewan kesayangan ke dokter hewan terdekat.

Salah Penanganan

Salah satu tim dokter hewan di Taman Safari Indonesia Ilham Fachrizal, menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan ini bisa menyebabkan kesalahan treatment pada hewan.

“Kebanyakan orang masih memberi obat sendiri tanpa mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokternya. Hal ini jelas tak benar karena mereka tidak bisa memberikan pengobatan tanpa pemeriksaan,” tutur Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (4/3/2019).

Ilham menekankan perlunya pemilik hewan rutin berkonsultasi dengan dokter hewan agar tak terjadi pemeliharaan sembrono yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan kematian pada hewan.

[Baca Juga: Paw Jog, Jalan Santai Hewan Peliharaan di Harapan Indah Bekasi]

Ilham menambahkan, sekarang pemilik hewan sudah tidak perlu pusing untuk membawa peliharaannya yang sakit ke rumah sakit hewan. Ketersediaan dokter hewan di area sekitar tempat tinggal owner pun bisa menjadi solusi terbaik.

“Memang kendala utama masih banyak yang belum mau membawa hewan peliharaannya ke dokter ialah terkendala dengan dana. Namun, kesehatan hewan peliharaan Anda tetap harus dikontrol secara berkala,” ujar Ilham.

Seperti yang diketahui, tugas sebagai dokter hewan harus mampu menjadi dan meningkatkan kesehatan hewan, dengan menggunakan ilmu dan teknologi di bidang veteriner secara profesional.

Jadi, masih ragu untuk membawa hewan peliharaan Anda untuk diperiksa di klinik dokter hewan terdekat?


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.