Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak.jpg

Berita Kawasan

Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak?

Apa jadinya jika Anda jarang memeriksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan? Selain bisa terkena gejala penyakit, hewan Anda juga bisa terkena penyakit psikologis, yakni stres.

Kesadaran terhadap kesejahteraan hewan (kesrawan) khususnya untuk pemilik dan pecinta hewan, harus terus ditingkatkan. Kesadaran yang terus dibangun nantinya akan mendorong pemilik peliharaan untuk terbiasa membuat kualitas hidup yang baik bagi hewan kesayangan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

Ada lima poin kebebasan dalam Kesejahteraan Hewan yang diakui secara internasional, yakni bebas dari lapar dan haus, bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa takut dan bebas untuk mengekspresikan tingkah laku.

Menggarisbawahi poin nomor dua bahwa hewan harus bebas dari rasa sakit, dan cedera. Anda sebagai pemilik peliharaan harus mengetahui betul-betul apa yang sedang dibutuhkan peliharaan.

Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan hewan peliharaannya adalah salah satu alasan pentingnya Anda membawa hewan kesayangan ke dokter hewan terdekat.

Salah Penanganan

Salah satu tim dokter hewan di Taman Safari Indonesia Ilham Fachrizal, menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan ini bisa menyebabkan kesalahan treatment pada hewan.

“Kebanyakan orang masih memberi obat sendiri tanpa mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokternya. Hal ini jelas tak benar karena mereka tidak bisa memberikan pengobatan tanpa pemeriksaan,” tutur Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (4/3/2019).

Ilham menekankan perlunya pemilik hewan rutin berkonsultasi dengan dokter hewan agar tak terjadi pemeliharaan sembrono yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan kematian pada hewan.

[Baca Juga: Paw Jog, Jalan Santai Hewan Peliharaan di Harapan Indah Bekasi]

Ilham menambahkan, sekarang pemilik hewan sudah tidak perlu pusing untuk membawa peliharaannya yang sakit ke rumah sakit hewan. Ketersediaan dokter hewan di area sekitar tempat tinggal owner pun bisa menjadi solusi terbaik.

“Memang kendala utama masih banyak yang belum mau membawa hewan peliharaannya ke dokter ialah terkendala dengan dana. Namun, kesehatan hewan peliharaan Anda tetap harus dikontrol secara berkala,” ujar Ilham.

Seperti yang diketahui, tugas sebagai dokter hewan harus mampu menjadi dan meningkatkan kesehatan hewan, dengan menggunakan ilmu dan teknologi di bidang veteriner secara profesional.

Jadi, masih ragu untuk membawa hewan peliharaan Anda untuk diperiksa di klinik dokter hewan terdekat?


Read More

Artikel Lainnya

Bazar Takjil3.jpg

Kuliner

Hadir Setiap Ramadan, Bazar Takjil Kota Wisata Cibubur

22 April 2021, 17:08

Saat bulan Ramadan tiba, beberapa Kawasan selalu mengadakan bazar yang dibuka saat menjelang Adzan Magrib. Salah satunya adalah Bazar Takjil Kota Wisata yang selalu disambut antusias.

Inspirasi Menu Buka Puasa Ini Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra.jpg

Kuliner

Inspirasi Menu Buka Puasa: Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra

22 April 2021, 16:09

Ingin menikmati menu buka puasa yang terkesan ‘tidak biasa’? Anda bisa coba resep klapertaart kurma dari Chef Chitra.

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi. 2jpg.jpg

Berita Kawasan

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi

22 April 2021, 09:09

Sebagian wilayah di Kota Bandung mengalami musim pancaroba. Maka Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung selalu siap siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana di masa pancaroba dan menjelang musim kemarau

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus 3.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus

22 April 2021, 08:07

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Bandung mengalami sedikit hambatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Bandung pada saat meninjau vaksinasi di Kecamatan Batununggal.


Comments


Please Login to leave a comment.