Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak.jpg

Berita Kawasan

Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak?

Apa jadinya jika Anda jarang memeriksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan? Selain bisa terkena gejala penyakit, hewan Anda juga bisa terkena penyakit psikologis, yakni stres.

Kesadaran terhadap kesejahteraan hewan (kesrawan) khususnya untuk pemilik dan pecinta hewan, harus terus ditingkatkan. Kesadaran yang terus dibangun nantinya akan mendorong pemilik peliharaan untuk terbiasa membuat kualitas hidup yang baik bagi hewan kesayangan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

Ada lima poin kebebasan dalam Kesejahteraan Hewan yang diakui secara internasional, yakni bebas dari lapar dan haus, bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa takut dan bebas untuk mengekspresikan tingkah laku.

Menggarisbawahi poin nomor dua bahwa hewan harus bebas dari rasa sakit, dan cedera. Anda sebagai pemilik peliharaan harus mengetahui betul-betul apa yang sedang dibutuhkan peliharaan.

Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan hewan peliharaannya adalah salah satu alasan pentingnya Anda membawa hewan kesayangan ke dokter hewan terdekat.

Salah Penanganan

Salah satu tim dokter hewan di Taman Safari Indonesia Ilham Fachrizal, menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan ini bisa menyebabkan kesalahan treatment pada hewan.

“Kebanyakan orang masih memberi obat sendiri tanpa mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokternya. Hal ini jelas tak benar karena mereka tidak bisa memberikan pengobatan tanpa pemeriksaan,” tutur Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (4/3/2019).

Ilham menekankan perlunya pemilik hewan rutin berkonsultasi dengan dokter hewan agar tak terjadi pemeliharaan sembrono yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan kematian pada hewan.

[Baca Juga: Paw Jog, Jalan Santai Hewan Peliharaan di Harapan Indah Bekasi]

Ilham menambahkan, sekarang pemilik hewan sudah tidak perlu pusing untuk membawa peliharaannya yang sakit ke rumah sakit hewan. Ketersediaan dokter hewan di area sekitar tempat tinggal owner pun bisa menjadi solusi terbaik.

“Memang kendala utama masih banyak yang belum mau membawa hewan peliharaannya ke dokter ialah terkendala dengan dana. Namun, kesehatan hewan peliharaan Anda tetap harus dikontrol secara berkala,” ujar Ilham.

Seperti yang diketahui, tugas sebagai dokter hewan harus mampu menjadi dan meningkatkan kesehatan hewan, dengan menggunakan ilmu dan teknologi di bidang veteriner secara profesional.

Jadi, masih ragu untuk membawa hewan peliharaan Anda untuk diperiksa di klinik dokter hewan terdekat?

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.


Comments


Please Login to leave a comment.