Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak.jpg

Berita Kawasan

Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan, Perlu atau Tidak?

Apa jadinya jika Anda jarang memeriksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan? Selain bisa terkena gejala penyakit, hewan Anda juga bisa terkena penyakit psikologis, yakni stres.

Kesadaran terhadap kesejahteraan hewan (kesrawan) khususnya untuk pemilik dan pecinta hewan, harus terus ditingkatkan. Kesadaran yang terus dibangun nantinya akan mendorong pemilik peliharaan untuk terbiasa membuat kualitas hidup yang baik bagi hewan kesayangan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

Ada lima poin kebebasan dalam Kesejahteraan Hewan yang diakui secara internasional, yakni bebas dari lapar dan haus, bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa takut dan bebas untuk mengekspresikan tingkah laku.

Menggarisbawahi poin nomor dua bahwa hewan harus bebas dari rasa sakit, dan cedera. Anda sebagai pemilik peliharaan harus mengetahui betul-betul apa yang sedang dibutuhkan peliharaan.

Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan hewan peliharaannya adalah salah satu alasan pentingnya Anda membawa hewan kesayangan ke dokter hewan terdekat.

Salah Penanganan

Salah satu tim dokter hewan di Taman Safari Indonesia Ilham Fachrizal, menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan ini bisa menyebabkan kesalahan treatment pada hewan.

“Kebanyakan orang masih memberi obat sendiri tanpa mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokternya. Hal ini jelas tak benar karena mereka tidak bisa memberikan pengobatan tanpa pemeriksaan,” tutur Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (4/3/2019).

Ilham menekankan perlunya pemilik hewan rutin berkonsultasi dengan dokter hewan agar tak terjadi pemeliharaan sembrono yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan kematian pada hewan.

[Baca Juga: Paw Jog, Jalan Santai Hewan Peliharaan di Harapan Indah Bekasi]

Ilham menambahkan, sekarang pemilik hewan sudah tidak perlu pusing untuk membawa peliharaannya yang sakit ke rumah sakit hewan. Ketersediaan dokter hewan di area sekitar tempat tinggal owner pun bisa menjadi solusi terbaik.

“Memang kendala utama masih banyak yang belum mau membawa hewan peliharaannya ke dokter ialah terkendala dengan dana. Namun, kesehatan hewan peliharaan Anda tetap harus dikontrol secara berkala,” ujar Ilham.

Seperti yang diketahui, tugas sebagai dokter hewan harus mampu menjadi dan meningkatkan kesehatan hewan, dengan menggunakan ilmu dan teknologi di bidang veteriner secara profesional.

Jadi, masih ragu untuk membawa hewan peliharaan Anda untuk diperiksa di klinik dokter hewan terdekat?

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.