Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Berita Kawasan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Meskipun Indonesia memiliki keanegaragaman budaya, sosial, hingga lokasi wisata, capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari-April 2019 sebesar 5,12 juta atau 1,3 juta per bulan.

Angka tersebut masih di bawah angka psikologis yang berarti kondisi demikian dinilai tidak baik. Apalagi, Indonesia perlu mencapai target sekitar 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini.

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Seperti disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, angka 1,3 juta ini kurang memuaskan, karena angka psikologis kunjungan wisaman adalah 1,5 juta per bulan. “Angka 1,3 juta tidak bagus karena angka psikologis kita 1,5 juta perbulan atau 18 juta wisman pada akhir tahun ini,” katanya seperti dikutip kemenpar.go.id (11/6/2019).

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Angka tersebut diperkuat Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengumumkan jumlah wisaman pada April 2019 sebesar 1,3 juta atau turun 2,7 persen dibandingkan pada Maret 2019. Sedangkan secara kumulatif pada Januari-April 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 5,12 juta atau tumbuh 3,22 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Penurunan jumlah wisman pada April 2019 karena pola musiman. Jika dilihat pada 2015, 2016, setiap April terjadi penurunan, kecuali yang tidak biasa di bulan April 2017. Penurunan terbesar terjadi di pintu masuk Tanjung Benoa, karena jumlah kapal pesiar yang berlabuh jauh lebih kecil.

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Untuk mengoptimalkan capaian target wisaman pada delapan bulan berikutnya, Arief menjelaskan, Kemenpar bersama pelaku bisnis pariwisata akan melakukan empat strategi utama yakni border tourism, hot deals, tourism hub, dan low cost carrier terminal (LCCT). “Kemenpar bersama industri pariwisata telah menyeipakan sembilan strategi, namun kita akan terapkan empat strategi utama untuk meningkatkan kunjungan wisman pada tahun ini,” sambungnya.

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.