Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Berita Kawasan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Meskipun Indonesia memiliki keanegaragaman budaya, sosial, hingga lokasi wisata, capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari-April 2019 sebesar 5,12 juta atau 1,3 juta per bulan.

Angka tersebut masih di bawah angka psikologis yang berarti kondisi demikian dinilai tidak baik. Apalagi, Indonesia perlu mencapai target sekitar 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini.

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Belum Optimal

Seperti disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, angka 1,3 juta ini kurang memuaskan, karena angka psikologis kunjungan wisaman adalah 1,5 juta per bulan. “Angka 1,3 juta tidak bagus karena angka psikologis kita 1,5 juta perbulan atau 18 juta wisman pada akhir tahun ini,” katanya seperti dikutip kemenpar.go.id (11/6/2019).

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Angka tersebut diperkuat Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengumumkan jumlah wisaman pada April 2019 sebesar 1,3 juta atau turun 2,7 persen dibandingkan pada Maret 2019. Sedangkan secara kumulatif pada Januari-April 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 5,12 juta atau tumbuh 3,22 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Penurunan jumlah wisman pada April 2019 karena pola musiman. Jika dilihat pada 2015, 2016, setiap April terjadi penurunan, kecuali yang tidak biasa di bulan April 2017. Penurunan terbesar terjadi di pintu masuk Tanjung Benoa, karena jumlah kapal pesiar yang berlabuh jauh lebih kecil.

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Untuk mengoptimalkan capaian target wisaman pada delapan bulan berikutnya, Arief menjelaskan, Kemenpar bersama pelaku bisnis pariwisata akan melakukan empat strategi utama yakni border tourism, hot deals, tourism hub, dan low cost carrier terminal (LCCT). “Kemenpar bersama industri pariwisata telah menyeipakan sembilan strategi, namun kita akan terapkan empat strategi utama untuk meningkatkan kunjungan wisman pada tahun ini,” sambungnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.