Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik

Berita Kawasan

Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik

Ada yang menarik di Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di kawasan Kota Tua sejak 27 April 2019 yang sayang jika tidak dikunjungi bagi para pecinta seni. Sebab, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Museum Seni bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Keramik Jakarta menyelenggarakan pameran bertajuk Seni Alih-alih Keramik: Aksi Sang Perupa.

Pameran ini menyajikan artefak pecahan keramik temuan di kawasan Batavia dan Situs Banten Lama sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi. Selain itu, dalam pameran ini juga mengusung karya seniman keramik Jakarta dan pelajar berkebutuhan dari Sekolah Khusus Spektrum.

[Baca Juga: Belajar Sejarah di Museum Tengah Kebun Kemang Timur]

Melansir beritajakarta.id (3/5/2019), kegiatan ini selaras dengan visi dan misi dari Museum Seni Rupa dan Keramik, yakni sebagai sumber pengetahuan, inspirasi dan wahana untuk para seniman dapat mempresentasikan karya-karya kreatifnya sehingga menjadi pembelajaran bagi masyarakat umum.

"Melalui kegiatan ini, museum tidak berdiri sebagai menara gading, melainkan menjadi rumah bagi masyarakat khususnya para seniman, pelaku industri seni dan industri kreatif dalam berekspresi maupun berinteraksi dengan masyarakat," jelas Edy.

[Baca Juga: Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta]

Dia juga berpendapat, keberadaan Museum Seni Rupa dan Keramik saat ini menjadi sebuah oase seni bagi masyarakat umum, maupun minat khusus sebagai ruang kontemplasi untuk mengenal perkembangan seni rupa di Jakarta dan Indonesia. Berbagai program publik yang digelar di museum ini menjadi ruang bagi masyarakat untuk menanamkan kecintaan terhadap seni, warisan budaya, dan memotivasi pada anak-anak muda untuk menjadi pemuda kreatif yang turut mendukung kemajuan kotanya.

"Semoga sinergi positif antara UP Museum Seni dan mitra-mitranya yang sarat dengan muatan edukasi dan produktif ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa mendatang," ungkapnya.

[Baca Juga: Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta]

Selama pameran berlangsung, rangkaian acara seperti bincang-bincang seputar alih-alih keramik bersama perupa dan tim kreator, serta lokakarya membuat gerabah bagi pelajar dan komunitas seperti dikatakan Kepala UP Museum Seni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Esti Utami. "Kami berharap pameran ini dapat menjadi sebuah letupan api seni yang menggelora masyarakat Jakarta, khususnya pengunjung Kota Tua untuk ikut andil menjadi saksi mata perkembangan seni rupa Indonesia khususnya seni keramik," ucapnya.

Pameran seni keramik ini berlangsung hingga 16 Juni 2019. Jadi, masih ada waktu bagi Anda penyuka seni keramik untuk berkunjung ke acara pameran ini.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.