Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik

Berita Kawasan

Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik

Ada yang menarik di Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di kawasan Kota Tua sejak 27 April 2019 yang sayang jika tidak dikunjungi bagi para pecinta seni. Sebab, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Museum Seni bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Keramik Jakarta menyelenggarakan pameran bertajuk Seni Alih-alih Keramik: Aksi Sang Perupa.

Pameran ini menyajikan artefak pecahan keramik temuan di kawasan Batavia dan Situs Banten Lama sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi. Selain itu, dalam pameran ini juga mengusung karya seniman keramik Jakarta dan pelajar berkebutuhan dari Sekolah Khusus Spektrum.

[Baca Juga: Belajar Sejarah di Museum Tengah Kebun Kemang Timur]

Melansir beritajakarta.id (3/5/2019), kegiatan ini selaras dengan visi dan misi dari Museum Seni Rupa dan Keramik, yakni sebagai sumber pengetahuan, inspirasi dan wahana untuk para seniman dapat mempresentasikan karya-karya kreatifnya sehingga menjadi pembelajaran bagi masyarakat umum.

"Melalui kegiatan ini, museum tidak berdiri sebagai menara gading, melainkan menjadi rumah bagi masyarakat khususnya para seniman, pelaku industri seni dan industri kreatif dalam berekspresi maupun berinteraksi dengan masyarakat," jelas Edy.

[Baca Juga: Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta]

Dia juga berpendapat, keberadaan Museum Seni Rupa dan Keramik saat ini menjadi sebuah oase seni bagi masyarakat umum, maupun minat khusus sebagai ruang kontemplasi untuk mengenal perkembangan seni rupa di Jakarta dan Indonesia. Berbagai program publik yang digelar di museum ini menjadi ruang bagi masyarakat untuk menanamkan kecintaan terhadap seni, warisan budaya, dan memotivasi pada anak-anak muda untuk menjadi pemuda kreatif yang turut mendukung kemajuan kotanya.

"Semoga sinergi positif antara UP Museum Seni dan mitra-mitranya yang sarat dengan muatan edukasi dan produktif ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa mendatang," ungkapnya.

[Baca Juga: Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta]

Selama pameran berlangsung, rangkaian acara seperti bincang-bincang seputar alih-alih keramik bersama perupa dan tim kreator, serta lokakarya membuat gerabah bagi pelajar dan komunitas seperti dikatakan Kepala UP Museum Seni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Esti Utami. "Kami berharap pameran ini dapat menjadi sebuah letupan api seni yang menggelora masyarakat Jakarta, khususnya pengunjung Kota Tua untuk ikut andil menjadi saksi mata perkembangan seni rupa Indonesia khususnya seni keramik," ucapnya.

Pameran seni keramik ini berlangsung hingga 16 Juni 2019. Jadi, masih ada waktu bagi Anda penyuka seni keramik untuk berkunjung ke acara pameran ini.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.