Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

Grab yang saat ini merupakan operator kendaraan listrik terbesar di Indonesia membangun kemitraan dengan pemerintah, BUMN juga produsen kendaraan listrik untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik melalui gerakan#LangkahHijau. Program ini mengajak kita semua untuk menjaga bumi melalui hal-hal sederhana yang meninggalkan dampak baik dalam kehidupan sehari-hari. Grab bekerja sama dengan salah satu mitra grab yang merupakan produsen kendaraan listrik lokal VIAR melakukan serah terima dan pemesanan lebih dari 6.000 sepeda motor listrik pada Jumat (22/10/2021) lalu.

Acara ini merupakan satu dari program pelestarian lingkungan #LangkahHijau dari Grab yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon. Gerakan ini juga sejalan dengan target pemerintah untuk menghadirkan 2 juta unit EV (Electric Vehicle) pada tahun 2025. Sejak bulan Januari 2020 hingga April 2021 lalu, lebih dari 8.500 armada kendaraan listrik Grab diperkirakan telah mengurangi emisi CO2 sebanyak 7.500 ton. Angka tersebut setara dengan jumlah penyerapan CO2 oleh lebih dari 350.000 pohon dalam setahun.

Grab dan ViarOK2.jpg

Serah terima yang dilangsungkan di PT Triangle Motorindo (VIAR Motor) dan berlokasi di Kawasan Industri BSB, Semarang ini dihadiri oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diwakili oleh Tenaga Ahli menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan, Sripeni Inten Cahyani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, kementrian ESDM mengapresiasi apa yang dilakukan Grab dan Viar dalam rangka membantu meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia dengan total armada 12.000 unit dan menjadi yang terbesar di Indonesia. “Kolaborasi ini dapat membantu pemerintah dalam mencapai target jumlah KBLBB roda dua sebanyak tiga belas juta unit pada tahun 2030, sesuai dengan Grand Strategi Energi Nasional dalam upaya pengurangan konsumsi BBM sebesar enam juta kilo liter (KL) per tahun. Serta menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 7,23 juta ton CO2e,” ungkap Sripeni Inten.

[Baca Juga: Siapkan 2.000 Dosis, PKK Sumut Gandeng Grab Gelar Vaksinasi Massal]

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam acara tersebut juga memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Grab dan Viar karena turut berkontribusi dalam merawat lingkungan yang tak hanya berdampak pada generasi saat ini saja tapi juga generasi masa depan. “Ini merupakan usaha mencari jalan keluar yang terbaik, karena saat ini kendaraan listrik sudah merupakan sebuah keharusan dan kita tinggal mengikuti perkembangan peradaban. Tentu ini adalah titik cerah yang sedang kita lakukan, mudah-mudahan sukses untuk semuanya,” ujar Ganjar.

Grab dan ViarOK3.jpg

Yucuanto Susetyo selaku Direktur VIAR Motor Indonesia berujar jika pihaknya akan mendukung program pemerintah dalam hal pengembangan kendaraan listrik. “Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019, mengenai percepatan program kendaraan listrik, kami selaku industri otomotif yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah telah berkomitmen untuk mendukung program pemerintah tersebut dengan melakukan research dan development di Indonesia menghasilkan produk-produk kendaraan listrik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam negeri,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (22/10/2021).

VIAR yang merupakan lokal brand Indonesia dan telah berkiprah selama 21 tahun telah memproduksi beragam tipe kendaraan konvensional maupun listrik dengan memenuhi persyaratan legal. Seluruh kendaraan listrik tersebut nantinya akan digunakan oleh mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di seluruh Indonesia. “Semoga dengan adanya kolaborasi kami dengan Grab seperti ini, dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga emisi karbon akan berkurang signifikan, dan langit Indonesia akan kembali cerah,” harap Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Grab Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.