Mengurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Berita Kawasan

Kurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Kawasan jalan protokol di Kota Depok, khususnya di area Jalan Margonda dan Beji merupakan wilayah yang banyak dikeluhkan tingkat kemacetannya hampir setiap hari. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun mempertimbangkan beberapa program tertib berlalu lintas yang dipandang dapat membantu mengurai kemacetan di sana. Salah satunya adalah fasilitas park and ride yang diluncurkan Pemkot Depok.

Sekadar informasi, park and ride merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktivitas. Di mana Anda memarkirkan kendaraan pribadi di fasilitas tersebut dan dapat melanjukan perjalanan ke tempat yang dituju dengan moda transportasi umum.

Mengurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Di Kota Belimbing sendiri, fasilitas park and ride yang sudah lama tersedia adalah di Stasiun Depok dan belum lama ini Pemkot Depok meresmikan park and ride di Balai Kota Depok. Khusus untuk yang di Balai Kota, Anda bisa memarkirkan kendaraan tanpa khawatir mengeluarkan uang sepeser pun.

[Baca Juga: MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di South Quarter]

Park and ride kami siapkan secara gratis untuk masyarakat Kota Depok. Jadi jika mau ke Margonda Raya bisa parkir di Balai Kota Depok gratis,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (11/9/2019). Ia menyebut, fasilitas ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Depok untuk mendorong masyarakatnya memilih menggunakan moda transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Selain digunakan pada hari kerja, fasilitas park and ride di Balai Kota Depok juga disebut dianjurkan untuk digunakan pada akhir pekan. Pasalnya, di sana juga sarana moda transportasi umum penunjang yang beroperasi pada Sabtu dan Minggu, yakni Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar yang memang disediakan untuk untuk melayani warga Kota Belimbing yang ingin menuju pusat perbelanjaan atau sekadar berkeliling di kawasan Jalan Margonda.

[Baca Juga: Kota Depok Mulai Atasi Kemacetan dengan Program Jotram]

Dadang menjelasakan, fasilitas park and ride ini sebenarnya menjadi bagian dari program Joyfull Traffic Management yang diresmikan Pemkot Depok pada akhir Agustus 2019. Namun, di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok itu juga meminta bantuan dari masyarakat untuk menguraikan kemacetan dengan benar-benar mendukung program ini. “Baik park and ride dan keberadaan Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar dapat menjadi alternatif kepadatan kendaraan di akhir pekan. Saya berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.