Mengurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Berita Kawasan

Kurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Kawasan jalan protokol di Kota Depok, khususnya di area Jalan Margonda dan Beji merupakan wilayah yang banyak dikeluhkan tingkat kemacetannya hampir setiap hari. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun mempertimbangkan beberapa program tertib berlalu lintas yang dipandang dapat membantu mengurai kemacetan di sana. Salah satunya adalah fasilitas park and ride yang diluncurkan Pemkot Depok.

Sekadar informasi, park and ride merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktivitas. Di mana Anda memarkirkan kendaraan pribadi di fasilitas tersebut dan dapat melanjukan perjalanan ke tempat yang dituju dengan moda transportasi umum.

Mengurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride

Di Kota Belimbing sendiri, fasilitas park and ride yang sudah lama tersedia adalah di Stasiun Depok dan belum lama ini Pemkot Depok meresmikan park and ride di Balai Kota Depok. Khusus untuk yang di Balai Kota, Anda bisa memarkirkan kendaraan tanpa khawatir mengeluarkan uang sepeser pun.

[Baca Juga: MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di South Quarter]

Park and ride kami siapkan secara gratis untuk masyarakat Kota Depok. Jadi jika mau ke Margonda Raya bisa parkir di Balai Kota Depok gratis,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (11/9/2019). Ia menyebut, fasilitas ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Depok untuk mendorong masyarakatnya memilih menggunakan moda transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Selain digunakan pada hari kerja, fasilitas park and ride di Balai Kota Depok juga disebut dianjurkan untuk digunakan pada akhir pekan. Pasalnya, di sana juga sarana moda transportasi umum penunjang yang beroperasi pada Sabtu dan Minggu, yakni Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar yang memang disediakan untuk untuk melayani warga Kota Belimbing yang ingin menuju pusat perbelanjaan atau sekadar berkeliling di kawasan Jalan Margonda.

[Baca Juga: Kota Depok Mulai Atasi Kemacetan dengan Program Jotram]

Dadang menjelasakan, fasilitas park and ride ini sebenarnya menjadi bagian dari program Joyfull Traffic Management yang diresmikan Pemkot Depok pada akhir Agustus 2019. Namun, di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok itu juga meminta bantuan dari masyarakat untuk menguraikan kemacetan dengan benar-benar mendukung program ini. “Baik park and ride dan keberadaan Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar dapat menjadi alternatif kepadatan kendaraan di akhir pekan. Saya berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.