Kurangi Konsumsi Plastik Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan.jpg

Berita Kawasan

Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, terus menggencarkan penggunaan tumbler atau botol minuman sebagai upaya mengurangi sampah plastik dan pelestarian lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah tidak menyediakan air minum kemasan saat rapat atau menggelar acara.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau mengatakan, dengan tidak ada lagi air minum kemasan pihaknya bertekad untuk membangun kebiasaan aparaturnya agar sehari-hari menggunakan tumbler. "Mulai hari ini siapkan tumbler karena pemerintah tidak lagi menyediakan air minum kemasan saat acara ataupun rapat. Biasakan membawa tumbler saat beraktivitas," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2019).

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Menurut Syamsudin, walaupun kebiasaan membawa tumbler merupakan hal sepele, namun bila diakumulasikan seluruh pegawai akan memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan. Selama ini, sambung Syamsuddin, volume sampah plastik kemasan air minum merupakan yang terbesar dari jenis plastik lainnya.

"Kita harus lakukan perubahan yang dimulai dari diri kita sendiri. Semua harus peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup," tandasnya.

Pada kesempatan ini, Syamsuddin memberikan 200 tumbler kepada Sudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Utara, serta perwakilan UKPD Kecamatan dan Kelurahan.

Kampanye Tumbler ke Sekolah

Kampanye tumbler juga dijalankan oleh Jajaran Kelurahan Semper Timur di Sekolah Daarul Maarif, Jl Madya Kebantenan, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara. Lurah Semper Timur Cahyo mengatakan, kegiatan ini sekaligus menyosialisasikan pengurangan penggunaan wadah berbahan plastik dan menjaga dampak negatifnya. Selain itu, kegiatan juga untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

"Ini salah satu gerakan kampanye nasional yang perlu kita laksanakan dengan baik antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya dalam kesempatan berbeda.

Dijelaskan Cahyo, pihaknya sengaja menyasar sekolah dengan pertimbangan membangun kesadaran sejak dini. Karena itu, kampanye ini akan terus dilaksanakan ke sekolah-sekolah lain di wilayahnya. "Kita harap penggunaan tumbler menjadi budaya bagi generasi penerus dan efeknya bisa mengurangi volume sampah," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.