Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan.jpg

Pendidikan

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan

Pada April lalu, Universitas Padjadjaran (Unpad) meluncurkan kompetisi bertajuk Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad alias IHIPSMU. Di mana program ini ditujukan demi menghadirkan para entrepreneur muda di antara para mahasiswa Unpad. Menariknya berkat program ini, muncul empat talenta muda yang mengembangkan pasta gigi yang diklaim ramah lingkungan. Di mana mereka menciptakan produk tersebut berangkat dari keinginan untuk mengurangi limbah plastik yang dipicu pasta gigi konvensional yang beredar di pasaran saat ini.

Dengan nama Ellite, pasta gigi bertentuk tablet ini merupakan hasil penelitian dan inovasi dari empat mahasiswi Unpad yang terdiri dari Nur Fauzina Hayuningtia, Ayu Safitrie, serta Ayu Rahma yang berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi dan seorang mahasiswi Fakultas Farmasi bernama Rhyza Salsabila Mardhatillah. Di mana pengembangan produknya dibantu dari dana IHIPSMU.

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan .jpg

Menurut Nur Fauzina, ide menghadirkan Ellite diawali dengan pandangan keempat mahasiswi tersebut terhadap pasta gigi konvensional. Di mana biasanya berbentuk pasta yang disimpan di wadah yang sehabis pakai dibuang begitu saja. Dari sinilah mereka berinovasi terkait bentuk pasta gigit serta packaging-nya yang dipandang lebih ramah lingkungan.

“Pasta gigi itu juga menjadi penyumbang dari sampah plastik. Kami kemudian berpikir bagaimana mengatasinya. Setelah berdiskusi, ternyata pasta gig dapat dibuat sediaan yang berbeda dengan yang sering kita lihat. Pasta gigi juga dapat dibuat dalam bentuk tablet,” sebut mahasiswi dari Fakultas Kedokteran Gigi Unpad itu, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (22/10/2020).

[Baca Juga: Ini Perjalanan Inovasi Sepeda Listrik Tenaga Surya Karya Mahasiswa Unpad]

Mungkin bagi sejumlah pihak akan terasa aneh dengan penggunaan pasta gigi yang berbentuk tablet. Menurut Nur penggunaan Ellite terbilang mudah, cukup memasukkannya ke dalam mulut dan dikunyah serta ketika sudah mulai muncul busa, Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi biasa.

Keempat mahasisiwi ini menggunakan zat aktif nano hidroksiapatit dan fluoried sebagai zat aktifnya. Dengan nano hidroksiapatit mana zat ini dipandang dapat mampu menutup lubang terkecil pada gigi Anda. Sedangkan dari sisi kemasannya, pasta gigi ramah lingkungan ini menggunakan kemasan stoples.

Saat ini pasta gigi tablet karya empat mahasiswi Unpad itu masih terus dalam tahap pengembangan sebelum masuk ke produksi massal. Di mana saat ini evaluasi terus dilakukan demi menyempurnakan Ellite agar bisa diuji klinis demi memastikan produk ini memang aman untuk khlayak umum. Bahkan kemasannya pun juga akan dikembangkan lagi agar lebih ramah lingkungan dengan mengemasnya dalam stoples yang bukan terbuat dari kaca tapi menggunakan bambu yang diproduksi pengrajin di kawasan Jatinangor.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.