Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Kualitas udara di Jakarta sudah cukup mengkhawatirkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus terus berupaya mengurangi polusi udara yang semakin meningkat. Salah satu penyebab polusi, berasal dari asap kendaraan pribadi yang jumlahnya tidak terkontrol. Untuk mencari solusi atas persoalan pencemaran udara yang semakin meningkat, Pemprov mengadakan Workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia. Workshop tersebut digelar pada 12-13 September 2019, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Melansir laman beritajakarta.id (12/09/2019). Dalam acara tersebut, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup (LH) Oswar Muadzin Mungkasa dan Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Agung Wicaksono menjadi narasumber.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Pada kesempatan itu, Oswar mengatakan, workshop yang mengangkat tema Progress and Next Steps: the Challenges of Zaro Emission Bus ini digelar untuk mencari solusi atas persoalan pencemaran udara di kota-kota besar di Asia, termasuk Jakarta. Sementara, Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan, "Kita akan mengurangi emisi di Jakarta. Salah satunya dengan menggunakan bus listrik. Kita lagi coba dan belajar dari kota-kota lain di Asia."

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Menurut Oswar, dengan adanya workshop seperti ini Pemprov DKI Jakarta dapat mempelajari regulasi untuk mengurangi emisi di Ibu Kota dengan memakai bus listrik. Dirinya berharap, hasil dari workshop ini juga dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat luas. "Kami sedang uji coba di beberapa bus. Masyarakat juga perlu disosialisasikan tentang bus listrik itu seperti apa," katanya.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

Di tempat yang sama, Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono menambahkan, untuk mendukung gerakan mengurangi polusi udara, pihaknya telah meluncurkan Jak Lingko yang mengintegrasikan angkutan kota (angkot) dengan bus Transjakarta. "Tahun depan target kita ada 10.000 angkot yang terintegrasi dengan bus Transjakarta," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.