Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Kualitas udara di Jakarta sudah cukup mengkhawatirkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus terus berupaya mengurangi polusi udara yang semakin meningkat. Salah satu penyebab polusi, berasal dari asap kendaraan pribadi yang jumlahnya tidak terkontrol. Untuk mencari solusi atas persoalan pencemaran udara yang semakin meningkat, Pemprov mengadakan Workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia. Workshop tersebut digelar pada 12-13 September 2019, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Melansir laman beritajakarta.id (12/09/2019). Dalam acara tersebut, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup (LH) Oswar Muadzin Mungkasa dan Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Agung Wicaksono menjadi narasumber.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Pada kesempatan itu, Oswar mengatakan, workshop yang mengangkat tema Progress and Next Steps: the Challenges of Zaro Emission Bus ini digelar untuk mencari solusi atas persoalan pencemaran udara di kota-kota besar di Asia, termasuk Jakarta. Sementara, Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan, "Kita akan mengurangi emisi di Jakarta. Salah satunya dengan menggunakan bus listrik. Kita lagi coba dan belajar dari kota-kota lain di Asia."

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Menurut Oswar, dengan adanya workshop seperti ini Pemprov DKI Jakarta dapat mempelajari regulasi untuk mengurangi emisi di Ibu Kota dengan memakai bus listrik. Dirinya berharap, hasil dari workshop ini juga dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat luas. "Kami sedang uji coba di beberapa bus. Masyarakat juga perlu disosialisasikan tentang bus listrik itu seperti apa," katanya.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

Di tempat yang sama, Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono menambahkan, untuk mendukung gerakan mengurangi polusi udara, pihaknya telah meluncurkan Jak Lingko yang mengintegrasikan angkutan kota (angkot) dengan bus Transjakarta. "Tahun depan target kita ada 10.000 angkot yang terintegrasi dengan bus Transjakarta," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.