Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

Kuliner

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

Aneka takjil seperti gorengan dan es buah dengan campuran sirup kerap disajikan sebagai menu berbuka puasa. Tapi, apakah dua menu makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa?

Dilansir dari British Nutrition Foundation (28/4/2020), saat berbuka Anda dianjurkan nutuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan cairan, rendah lemak dan makanan yang mengandung gula alami. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan.

Lalu, apa saja makanan sehat untuk berbuka puasa? Berikut ini makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa dari British Nutrition Foundation.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

1) Susu, Jus dan Smoothies

Mengkonsumsi susu, jus, dan smoothies lebih baik daripada minuman dengan gula tambahan. Sebab pada susu, jus dan smoothies mengandung gula alami dan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Oleh karenanya, jenis minuman ini sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, dalam proses pembuatannya Anda sebaiknya tidak menambahkan gula agar kadar kalori dan gula pada minuman tersebut tetap terjaga.

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

2) Kurma

Selain karena sunnah, makan kurma saat berbuka puasa juga baik untuk kesehatan. Hal ini karena pada kurma mengandung gula alami yang berkhasiat untuk menambah energi.

Kurma juga kaya akan kandungan mineral seperti potasium dan magnesium yang menjadi sumber serat. Anda juga bisa mengkonsumsi jenis buah kering lainnya yang kaya akan nutrisi dan serat, seperti aprikot, buah ara, kismis atau plum.

Ini Resep Salad Buah Naga yang Wajib Dicoba di Rumah

3) Buah-buahan

Buah memang menjadi jenis makanan yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Aneka kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah juga mengandung gula alami sehingga baik untuk energi tubuh.

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Sop Kambing Asam Pedas

4) Sup Dagung, Kaldu dan Sayur

Berbuka dengan memakan sup tradisional mungkin bisa mulai Anda coba juga. Sup tradisional yang dianjurkan yaitu yang mengandung kaldu daging dengan irisan kacang-kacangan seperti lentil atau kacang lunak, pasta atau biji-bijian. Aneka makanan tersebut kaya akan nutrisi dan energi yang baik untuk tubuh.

Menu hidangan berbuka dengan sup ini sudah menjadi tradisi di negara-negara Arab. Dengan kandungan makanan yang baik untuk tubuh, tentu Anda dapat mulai mencobanya.

[Baca Juga: Takjil Mewah ala Kuliner Senopati yang Bisa Pesan Antar ke Rumah]

Menjaga stamina saat bulan suci ramadan sangatlah penting. Apalagi bulan ramadan tahun ini bersamaan dengan bencana pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Nah, agar ibadah puasa tetap lancar, jangan lupa untuk menjaga asupan makanan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.