Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

Kuliner

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

Aneka takjil seperti gorengan dan es buah dengan campuran sirup kerap disajikan sebagai menu berbuka puasa. Tapi, apakah dua menu makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa?

Dilansir dari British Nutrition Foundation (28/4/2020), saat berbuka Anda dianjurkan nutuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan cairan, rendah lemak dan makanan yang mengandung gula alami. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan.

Lalu, apa saja makanan sehat untuk berbuka puasa? Berikut ini makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa dari British Nutrition Foundation.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

1) Susu, Jus dan Smoothies

Mengkonsumsi susu, jus, dan smoothies lebih baik daripada minuman dengan gula tambahan. Sebab pada susu, jus dan smoothies mengandung gula alami dan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Oleh karenanya, jenis minuman ini sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, dalam proses pembuatannya Anda sebaiknya tidak menambahkan gula agar kadar kalori dan gula pada minuman tersebut tetap terjaga.

Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa

2) Kurma

Selain karena sunnah, makan kurma saat berbuka puasa juga baik untuk kesehatan. Hal ini karena pada kurma mengandung gula alami yang berkhasiat untuk menambah energi.

Kurma juga kaya akan kandungan mineral seperti potasium dan magnesium yang menjadi sumber serat. Anda juga bisa mengkonsumsi jenis buah kering lainnya yang kaya akan nutrisi dan serat, seperti aprikot, buah ara, kismis atau plum.

Ini Resep Salad Buah Naga yang Wajib Dicoba di Rumah

3) Buah-buahan

Buah memang menjadi jenis makanan yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Aneka kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah juga mengandung gula alami sehingga baik untuk energi tubuh.

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Sop Kambing Asam Pedas

4) Sup Dagung, Kaldu dan Sayur

Berbuka dengan memakan sup tradisional mungkin bisa mulai Anda coba juga. Sup tradisional yang dianjurkan yaitu yang mengandung kaldu daging dengan irisan kacang-kacangan seperti lentil atau kacang lunak, pasta atau biji-bijian. Aneka makanan tersebut kaya akan nutrisi dan energi yang baik untuk tubuh.

Menu hidangan berbuka dengan sup ini sudah menjadi tradisi di negara-negara Arab. Dengan kandungan makanan yang baik untuk tubuh, tentu Anda dapat mulai mencobanya.

[Baca Juga: Takjil Mewah ala Kuliner Senopati yang Bisa Pesan Antar ke Rumah]

Menjaga stamina saat bulan suci ramadan sangatlah penting. Apalagi bulan ramadan tahun ini bersamaan dengan bencana pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Nah, agar ibadah puasa tetap lancar, jangan lupa untuk menjaga asupan makanan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.