CEMPAKA PUTIH_PENDIDIKAN_KURSUS ACADEMIC WRITING DI KAMPUS SALEMBA UI SEBELUM KULIAH DI LUAR NEGERI_OCI-01.jpg

Pendidikan

Kursus Academic Writing di Kampus Salemba UI Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Banyak yang menilai kemampuan berbahasa Inggris dari sisi lisan saja, sementara tata bahasa apalagi kemampuan menulis dianggap tidak penting. Benarkah demikian? Jika Anda sedang berencana kuliah di luar negeri dengan pengantar Bahasa Inggris, tentunya kemampuan menulis menjadi penting. Bukan menulis biasa, tapi academic writing. Anda bisa mengasah kemampuan tersebut di Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI) yang terletak di Kampus UI Salemba.

Kemampuan menulis dalam bahasa asing pastinya akan lebih sulit, karena dalam bahasa Indonesia pun masih banyak dari kita yang belum bisa menulis dengan baik. Kemampuan menulis ilmiah dalam bahasa Indonesia akan diajarkan saat penyusunan skripsi atau tesis. Namun, jika berkuliah di luar negeri dengan pengantar bahasa asing, Anda perlu bersiap diri dengan mempelajari academic writing.

Academic Writing di LBI UI bukan program favorit bila dibandingkan dengan TOEFL iBT dan Conversation Class. Ini karena kursus semacam ini masih jarang ditemukan di tempat kursus Bahasa Inggris pada umumnya.

Sama seperti kursus bahasa pada umumnya, sebelum mengikuti kelas, Anda harus mengikuti placement test terlebih dahulu. Soal-soal yang diberikan dalam tes ini seputar grammar dasar, ditambah soal khusus untuk program Academic Writing, yaitu membuat satu paragraf sesuai dengan tema yang ditugaskan.

[Baca Juga : UI Salemba, Sejarah Kedokteran Indonesia]

Materi Kelas

Tiap minggu Anda akan diberi tugas membuat essay. Meskipun awalnya terdengar sulit dan berat, namun lama-lama Anda akan terbiasa. Proses ini memang dibuat untuk membiasakan peserta untuk menulis. Materi disajikan pengajar dalam bentu PowerPoint, sebagian besar merupakan slide yang dikembangkan sendiri oleh pengajar.

Di pertemuan pertama, pengajar memberikan materi mengenai penulisan dan essay. Berbagai macam teori diberikan antara lain mengenai struktur, jenis-jenis essay, kemudian cara-cara memilih topik

Beberapa materi yang diberikan yaitu Patterns of Essay Organization yang berisi Chronological Order, Logical Division of Ideas, Cause and Effect Order, Comparison and Contrast Order, dan Argumentative Essay. Ada pula materi lain seperti Quoting and Paraphrasing, Title of the Essay, Creating The Thesis Statement, Paragraph Relationships, Essay Outlining, The Introduction, dan The Conclusion.

[Baca Juga : Kuliah Bisnis Industri Kreatif di Kalbis Institute]

Cara Pendaftaran

Academic Writing merupakan program dalam beberapa jenjang yang dirancang untuk melatih Anda agar dapat menuangkan buah pikiran Anda ke dalam tulisan dengan tepat, sehingga pembaca bisa menangkap maksud Anda dengan jelas. Jenjang itu terdiri atas Level Elementary, Level Intermediate, dan Level Upper-Intermediate. Lama belajar di semua tingkat yaitu 52 jam dengan biaya sekitar Rp1.500.000 hingga Rp1.650.000 pada Agustus 2018.

Cara pendaftaran di LBI UI tidak sulit. Pertama Anda bisa langsung mengunjungi loket LBI UI di Depok atau Kampus UI Salemba untuk mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran Rp100 ribu. Jangan lupa bawa fotocopy KTP atau SIM sebagai identitas. Lalu Anda bisa menentukan jadwal tes penempatan buat nantinya ditempatkan di level yang mana. Untuk beberapa program, tes penempatan juga berfungsi untuk menjaring calon peserta apakah dapat masuk ke program yang dipilih.

Penyelenggara kursus ini, LBI UI adalah lembaga di bawah naungan Universitas Indonesia yang menyediakan layanan kursus Bahasa asing mulai dari Bahasa Inggris, Arab, Belanda, Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, Prancis sampai Russia. Kelas Academic Writing menjadi bagian dari kursus Bahasa Inggris yang memiliki banyak macamnya. LBI UI sendiri memiliki dua cabang yaitu di FIB UI Depok dan Kampus UI Salemba.

Read More


Artikel Lainnya

Warga Kembali Berburu Ikan di Sungai Ciliwung

Berita Kawasan

Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung

27 May 2019, 11:00  |  7 Views

Kondisi Sungai Ciliwung yang membaik mebuat ikan kembali hidup berkembang di dalam alirannya. Warga pun bisa merasakan manfaat dengan rekreasi mincing ikan.

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

Kesehatan

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

27 May 2019, 13:00  |  4 Views

Beberapa keunggulan dalam Widex Evoke antara lain memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bisa menggunakan machine learning secara real time.

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

Bisnis

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

27 May 2019, 09:00  |  10 Views

Dengan raihan pertumbuhan positif, CNAF berhasil mengumpulkan total aset sebesar Rp2.5 miliar dan portofolio pembiayaan tercatat sebesar R2.2 triliun.

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

Berita Kawasan

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

27 May 2019, 15:00  |  6 Views

Atas keberhasilan dan pengalaman DKI Jakarta mengimplementasikan pertanian perkotaan, Pemprov DKI diundang untuk hadir dalam ajang internasional Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Tokyo, Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.