Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Hobi dan Hiburan

Kursus Coding Robologee Luluskan Lebih Dari 100 Coder Cilik

Beberapa anak sedang mengikuti kursus singkat Coding online yang digelar Robologee, lembaga kursus Robotik dan Coding yang ada di Gramedia World Harapan Indah Bekasi, Cirebon, Emerald Bintaro, dan BSD. Akibat pandemi COVID-19, siswa kursus Robologee terpaksa mengikuti kelas online atau daring.

Siang itu, Rogate (7 tahun), siswa kelas 3 SD di Cibubur tampak serius di depan laptop, membuka aplikasi Scratch untuk membuat game. Sesekali, dia menengok ke layar smartphone yang menampilkan presentasi dari Kak Nindi, Instruktur Kelas Coding Robologee.

Kursus Coding Robologee Luluskan Lebih Dari 100 Coder Cilik

“Kami menutup kelas-kelas offline dan menjalankan kelas online supaya dapat terus menampung minat belajar siswa kami selama pandemi,” ujar Doni Abdilah Siregar dari Academic Section Robologee dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (11/8/2020). Kelas online ini pun akan diadakan kembali dalam waktu dekat. Kursus Robotik, Coding, dan Robot Photon di Intake 3/2020 akan menglangsungkan kelas perdana pada 17 Agustus 2020.

“Karena online, maka siswa kami tidak hanya berasal dari sekitar Gramedia World, namun dari mana saja di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri, seperti dari Melbourne dan Abu Dhabi,” lanjut Marketing Section Robologee Threesna Setyadi masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar]

Kebijakan untuk belajar dari rumah memaksa pelaku bisnis pendidikan memutar otak untuk terus bisa memberikan layanan bagi siswa-siswanya. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan mengubah kelas offline menjadi online, menggunakan aplikasi video conferencing dan Learning Management System (LMS).

Robologee menggunakan aplikasi Zoom sebagai pengganti sesi tatap muka dan Edmodo sebagai LMS. Untuk mengikuti kelas Coding, siswa harus mengoperasikan dua perangkat yaitu laptop dan smartphone. Laptop digunakan untuk mengoperasikan aplikasi Scratch, aplikasi umum yang digunakan untuk memperkenalkan Coding pada anak, dan smartphone untuk mengoperasikan aplikasi Zoom. Sedangkan silabus dapat diakses secara online di LMS Edmodo.

[Baca Juga: Belajar Koding Bisa dari Rumah bersama Robologee]

Tentu tidak mudah bagi anak-anak dan orangtua beradaptasi dengan model pembelajaran ini. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat mereka untuk belajar. Terbukti, lewat kursus singkat Coding pada liburan sekolah yang baru berlalu, Robologee berhasil meluluskan lebih dari 100 siswa yang diberikan sebutan Coder Cilik.

Sebutan ini diberikan bagi siswa yang berhasil menyelesaikan project-project selama kursus. Project tersebut berupa pembuatan game sederhana. Saat menyelesaikan project, siswa melatih logika berpikir dan cara memecahkan masalah. Lewat pembuatan game, siswa diajak untuk belajar sambil bermain. Karena belajar memang seharusnya menyenangkan, bahkan pada masa sulit seperti sekarang.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 year, 9 months lalu
    hanna56

    Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan