PEJATEN_PENDIDIKAN_KURSUS MENJADI FILMMAKER ANDAL DI DEKAT PEJATEN VILLAGE_KIKI _1000 X 600 px-01-01.jpg

Pendidikan

Kursus Menjadi Filmmaker Andal di Dekat Pejaten Village

Film merupakan salah satu karya audio visual yang paling diminati banyak orang. Apalagi dewasa ini, teknologi sudah semakin canggih sehingga industri film ini makin diminati berkat efek dan kemampuan editing yang mumpuni. Jika Anda berminat menjadi filmmaker, tentunya ada beberapa kebolehan yang harus Anda kuasai. Jika Anda terhitung pemula, Anda bisa mengikuti kursus singkat untuk memproduksi film. Salah satu tempat yang terkenal untuk mempelajari produksi film dalam waktu singkat adalah SAE Jakarta yang lokasinya tidak jauh dari Pejaten Village.

Tentang SAE Jakarta

SAE merupakan lembaga internasional dalam pendidikan industri media kreatif. SAE didirikan pada 1976 sebagai lembaga pendidikan teknik audio pertama di dunia. Kemudian pada tahun 1982, SAE mulai membuka cabang di Brisbane, Sydney, Melbourne, Perth, dan Adelaide. Dilanjutkan dengan cabang pertama di Eropa, tepatnya di London pada 1985. Cabang di Indonesia sendiri baru resmi dibuka pada tahun 2011.

Lalu pada tahun 2004, SAE bergabung dengan Qantm College, sebuah lembaga pendidikan media digital terkemuka dalam animasi, 3D Game desain, pemograman, pengembangan web, dan desain grafis. Dikutip dari laman resmi SAE Indonesia, kini SAE memiliki 54 kampus di 28 negara. Di Indonesia sendiri SAE memiliki program sertifikat, diploma, dan sarjana yang telah divalidasi oleh Middlesex University London. SAE menyediakan berbagai macam disiplin ilmu yaitu Audio, Film, Animasi, dan Bisnis Musik.

[Baca Juga : 5 Kursus di Kelapa Gading Jakarta untuk Buah Hati]

Program Kursus di SAE Jakarta

Untuk program belajar kilat atau kursus, SAE menyediakan lima jenis bidang keahlian yang meliputi Audio, Desain, Film, Animasi dan Bisnis. Kelima bidang tersebut ada program studi pilihan yang bisa Anda bisa pilih lagi. Misalnya Audio, ada tiga pilihan program studi, yaitu Studio Recording, Live Sound Production, dan Electronic Music Production.

Sedangkan, Desain memiliki dua program studi pilihan, yaitu Ddigital Imaging dan Motion Graphics. Jurusan Film memiliki empat program studi, yaitu Cinematography, Sscriptwriting, Video Editing, dan Short Film Production. Jurusan Bisnis hanya fokus pada program studi Music Promotion & Marketing. Terakhir, jusursan Animasi memiliki dua program studi, yaitu Comic Drawing dan Basic 3D Modelling.

Kursus Film di SAE Jakarta

1 Cinematography

Kelas kursus ini disiapkan untuk mempelajari teknis dan teknologi dalam proses sinematografi dan bagaimana siswa mengaplikasikannya secara langsung. Topik yang paling banyak dibahas dalam kelas ini adalah gaya pengambilan dan jenis kamera untuk film dan televisi, teknik pengambilan gambar yang baik, komposisi, perpindahan dan framing kamera, film dan video. Kursus ini akan meliputi proses belajar mengajar, diskusi, demonstrasi, menonton film sebagai referensi, proses shooting, dan menilai hasil projek masing-masing siswa.

Untuk masuk ke kelas ini, setidaknya Anda harus berumur 15 tahun. Biaya untuk kursus yang berlangsung selama 6 minggu ini tersedia dalam dua jenis, Anda cukup membayar Rp9.500.000 untuk cash keras atau bayar dimuka. Anda juga bisa menggunakan sistem cicilan dengan uang pendaftaran sebesar Rp500.000, cicilan pertama dan kedua Rp4.750.000 sehingga, totalnya adalah Rp10.000.000.

2 Scriptwriting

Dikelas ini Anda akan mempelajari untuk memahai fungsi karakter, membuat premis, logline, sinopsis, dan outline, mengimplementasikan karakter ke dalam naskah panjang atau pendek, memahami bagaimana produksi naskah di dunia professional. Kelas ini untuk Anda yang berumur minimal 15 tahun, durasi kelas 12 minggu dengan satu sesi per minggu. Sama dengan sinematografi, kelasi ini juga menyediakan program cicilan. Untuk biaya normal Rp5.500.000, sedangkan untuk cicilan Rp6.000.000.

3 Video Editing

Editor video merupakan bagian paling penting dalam proses pembuatan video. Di kelas kursus ini Anda akan mempelajari teori editing video, teknik mengedit, dan digital editing menggunakan Final Cut Pro dan Adobe Premiere. Durasi kursus untuk kelas ini adalah 8 minggu dan minimal umur siswa 15 tahun. Biaya normal untuk kelas ini Rp9.500.000 dan untuk cicilan Anda dikenakan Rp10.000.000.

4 Short Film Production

Di kelas kursus produksi film pendek di SAE Jakarta, Anda akan menerima pelatihan dasar hingga menengah dalam proses pembuatan film. Anda diajarkan menulis skenario, mengenal kamera dan tenda, dan mengedit video. Kelas ini berlangsung selama nam minggu. Biaya yang dibutuhkan untuk kelas ini sebesar Rp6.500.000. Untuk kelas ini tidak ada pilihan pembayaran cicilan.

Informasi dan Lokasi SAE Jakarta

Bagi Anda yang penasaran dengan program belajar yang disediakan SAE Jakarta, Anda bisa mendatangi langsung kampus SAE Jakarta yang berada di Jalan Pejaten Raya No.31, Pasar Minggu Jakarta 12540. Lokasinya hanya 700 meter dari Pejaten Village atau Anda juga bisa menghubungi (021) 7890145 atau (021) 7818847.

[Baca Juga : Kursus Academic Writing di Kampus Salemba UI Sebelum Kuliah di Luar Negeri]

Read More

Artikel Lainnya

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat pada Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat untuk Tubuh

24 August 2019, 16:00  |  7 Views

Kolagen memiliki banyak fungsi penting termasuk pada kulit dan tulang Anda, mengonsumsi kolagen dapat memiliki beragam manfaat kesehatan.

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Properti dan Solusi

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

24 August 2019, 15:00  |  8 Views

Mencintai bumi dengan melakukan zero waste atau mengurangi bahan-bahan limbah yang dapat mencemari lingkungan berdampak positif bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup sekitarnya.

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

Berita Kawasan

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

24 August 2019, 14:00  |  14 Views

First Warriors telah menetapkan mekanisme serta timeline untuk kompetisi Free Fire guna mencari bibit atlet eSports Indonesia.

Secerah Masa Depan Anda, Wajah Anda Juga Harus Cerah dari Bahan Alami Ini

Kecantikan dan Fashion

Wajah Dapat Secerah Masa Depan dengan Bahan Alami Ini!

24 August 2019, 13:00  |  10 Views

Sering berada di luar rumah bisa menyebabkan kulit wajah cepat kusam karena jarang dibersihkan maupun dirawat dengan baik.


Comments


Please Login to leave a comment.