Laboratorium FKUI Ditunjuk Sebagai Salah Satu Lab Pemeriksa COVID-19

Kesehatan

Laboratorium FKUI Ditunjuk Sebagai Salah Satu Lab Pemeriksa COVID-19

Laboratorium Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (LMK FKUI) ditunjuk menjadi Laboratorium Pemeriksa COVID-19 bersama dengan 11 laboratorium lainnya se-Indonesia. Penunjukan ini merupakan bentuk respon pemerintah melalui Kementrian Kesehatan seiring ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global.

Lewat Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease 19 (Covid-19). Keputusan ini ditandatangani Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada 16 Maret 2020 lalu. Melalui surat keputusan tersebut, pemerintah secara resmi menunjuk Balitbangkes sebagai Laboratorium Rujukan Nasional Penanganan Covid-19 serta 12 Laboratorium Pemeriksa Covid-19 beserta wilayah kerjanya.

Bagaimana Prosedur Tes Covid-19

Kemkes menunjuk beberapa Laboratorium di Indonesia untuk membantu menguji sampel spesimen, mendeteksi dengan cepat, dan memperluas laboratorium pemeriksa COVID-19 di Indonesia.

Berbeda dengan Laboratorium Rujukan Nasional, Laboratorium Pemeriksa COVID-19 memiliki cakupan tugas sebagai berikut:

  1. Menerima spesimen untuk pemeriksaan COVID-19 dari Rumah Sakit/Dinas Kesehatan/Laboratorium kesehatan lainnya ;
  2. Melakukan pemeriksaan screening pada spesimen COVID-19 menggunakan form dan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
  3. Mengirimkan seluruh spesimen (setelah diambil sebagian utuk pemeriksaan) ke laboratorium rujukan nasional COVID-19 dengan segera tanpa menunggu hasil pemeriksaan
  4. Mengirimkan hasil pemeriksaan positif dan negatif COVID-19 kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan melalui Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dan Public Health Emergency Center (PHEOC) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
  5. Menginformasikan hasil pemeriksaan negatif kepada RS/Dinas Kesehatan/Laboratorium Kesehatan lainnya untuk deteksi cepat (realtime) dalam rangka penegakan diagnosis, sedangkan informasi hasil pemeriksaan positif hanya dapat dikeluarkan oleh Laboratorium Rujukan Nasional COVID-19;
  6. Memberikan feedback kepada RS/Dinas Kesehatan/Laboratorium Kesehatan lainnya apabila terdapat kekeliruan dalam penggunaan material atau media pada spesimen yang diterima.

Menurut surat edaran tersebut pula, proses pengujian spesimen di 12 laboratorium pemeriksa COVID-19 maupun di laboratorium rujukan nasional pemeriksaan COVID-19 tidak dikenakan biaya atau gratis.

[Baca Juga: Bagaimana Prosedur Tes Covid-19?]

Seperti dikutip dari ui.ac.id, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan, FKUI siap membantu pemerintah dalam menghadapi kasus COVID-19. Salah satunya melalui kesiapan Laboratorium Mikrobiologi Klinik yang sudah terstandardisasi WHO dan mempunyai fasilitas pemeriksaan virus yaitu Biosafety Level 2 (BSL2) dan BSL3.

Selain pemeriksaan di 12 laboratorium tersebut, pemerintah juga menjalin kerjasama dengan tiga jaringan laboratorium swasta untuk semakin memperkuat dan mempercepat proses pemeriksaan spesimen COVID-19, sehingga bisa sesegera mungkin menemukan kasus positif untuk kemudian diisolasi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat.

[Baca Juga: Tes COVID-19: PCR VS Antibodi, Apa Bedanya?]

Ketiga jejaring swasta yang telah bekerja sama dengan pemerintah yakni jejaring laboratorium Siloam, jejaring laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda Group. Melansir dari kemkes.go.id (23/2/2020).

Mengikuti hal ini, pemerintah juga telah membagikan 10 ribu kit Polymerase Chain Reaction (PCR), sebagian sudah disebarkan ke BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL). Direncanakan jumlah ini akan terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan spesimen di tanah air.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.